Ilustrasi. Daihatsu
Ilustrasi. Daihatsu

Safety Driving

Rem Mobil Matik Blong? Ini Cara Mengatasinya

Ekawan Raharja • 03 Juni 2021 12:00
Jakarta: Mobil dengan transmisi otomatis sekarang menjadi primadona di masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di kota-kota besar. Mengingat di bagian pedal hanya tersedia untuk gas dan rem saja, tentu saja resiko rem kehilangan kemampuan (rem blong) bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun untuk mobil matik.
 
Lantas bagaimana menghadapi mobil matik yang remnya blong? Laman resmi Daihatsu memberikan panduan bagaimana cara mengatasi rem mobil blong.
 

1. Jangan Panik

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga ketenangan diri. Jangan panik! Saat kita mengalami kepanikan maka tidak bisa berpikir dengan jernih. Terlebih ketika sudah membayangkan banyak hal mengerikan seperti kecelakaan dan lainnya.
 

2. Menyalakan Lampu Hazard & Membunyikan Klakson

Setelah mengatasi rasa panik, segera beri tanda kepada pengemudi lain yang ada di jalan dengan menyalakan lampu hazard. Dengan melakukan dua hal tersebut, Anda berarti membantu pengendara lain untuk lebih berhati-hati dan menghindari mobil supaya tidak terjadi hal bahaya lainnya. Membunyikan klakson juga sangat perlu karena biasanya lampu hazard bisa saja tidak terlihat dengan jelas sehingga pengendara lain yang berada di depan mobil tidak mengetahuinya.
 

3. Pindahkan Transmisi

Langkah selanjutnya adalah berusaha memelankan laju kendaraan. Meskipun tanpa rem, Anda masih tetap melambatkan kecepatan kendaraan dengan memindahkan tuas transmisi.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif