Ilustrasi oli mesin. Pertamina Lubricants
Ilustrasi oli mesin. Pertamina Lubricants

Pelumas Otomotif

Ternyata Ini yang Membuat Kekentalan Oli Berubah

Ekawan Raharja • 01 Maret 2022 10:00
Jakarta: Kentalan oli menjadi salah satu pertimbangan penting ketika memiliki untuk pelumasan mesin. Meski sudah memilih oli yang tepat, pemilik kendaraan juga harus mewaspadai perubahan kekentalannya selama digunakan.
 
Jr Tech Specialist HSD Engine Oil PT Pertamina Lubricants, Brahma Putra Mahayana, menyebutkan oli bisa saja mengalami perubahan kekentalan ketika digunakan. Menurutnya, ada 2 hal yang menyebabkan terjadinya perubahan kekentalan oli yang digunakan oleh kendaraan bermotor.
 
"Perubahan kekentalan oli itu bisa terjadi karena pemakaian dan juga bisa disebabkan karena terjadinya perubahan suhu," jelas Brahma melalui jumpa pers virtual bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot) beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suhu udara menjadi salah satu penyebab kekentalan oli bisa berubah. Mengingat tinggi rendahnya suhu sangat penting bagi oli.
 
"Seperti minyak, kalau temperatur rendah itu dia akan menjadi kental atau membeku, kalau suhu tinggi cenderung menjadi encer. Jadi perubahan kekentalan oli itu bisa terjadi di berbagai suhu," kata dia.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif