Dibanderol Rp1,6 Miliar, Ini Spesifikasi BMW M 1000 RR
Adri Prima • 17 Februari 2022 22:35
Jakarta: BMW Motorrad Indonesia resmi meluncurkan model sport BMW M RR atau M 1000 RR, Rabu, 16 Februari 2022 di showroom BMW Motorrad, Jakarta Selatan.
BMW M RR merupakan model 'rare item' yang menyasar para kolektor. Motor 1000 cc ini dikembangkan dari spesifikasi model yang berkompetisi di ajang World Superbike (WSBK). Motor ini dibanderol dengan harga cukup fantastis yakni sekitar Rp1,6 miliar off the road.
Performa tenaga yang jauh lebih besar serta komponen yang dirancang khusus untuk aplikasi di trek balap menjadikan M 1000 RR sebagai produk tergarang di jajaran BMW Motorrad sekaligus menambah jajaran tipe sport di Indonesia.
Model M RR atau M 1000 RR memiliki tenaga dan torsi puncak yang lebih besar dibandingkan model pendahulunya S 1000 RR. Superbike ini dibekali mesin 1000cc berbasis versi RR yakni 4 silinder segaris berpendingin cairan, dipadukan dengan teknologi BMW ShiftCam. Tenaga yang dihasilkan mencapai 212 hp pada 14.500 rpm dengan torsi puncak 113 Nm di putaran mesin 11.000 rpm.
Untuk perangkat winglet, BMW mengembangkan komponen di lintasan balap dan terowongan angin (wind tunnel) milik BMW di Jerman. Terbuat dari serat karbon, komponen ini menghasilkan aerodinamika yang mumpuni guna menunjang performa.
Sasis yang ditingkatkan
BMW M 1000 RR menggunakan sasis baru berbasiskan model RR, dengan rangka 'jembatan' di bagian tengah dari bahan aluminium. Sasis ini dipadu dengan shock model upside-down di depan yang dioptimalkan fungsinya.
Sementara di belakang disematkan suspensi berkelir biru serta kinematika Full Floater Pro. Fokus utama dari desain sasis ini untuk mencapai waktu putaran terbaik di trek balap.
Perhatian khusus diberikan untuk mengoptimalkan performa kendara, pengereman dan kontrol anti-squat, serta feeling terbaik pengendara pada roda depan dan belakang. Dipasangkannya rem rancangan divisi M didasari pengalaman di ajang World Superbike Championship, yang memberikan stabilitas pengereman serta kemampuan kontrol yang maksimum.
Secara umum, kaliper rem M memiliki lapisan anodisasi biru yang dikombinasikan dengan logo M. Dengan pelek berbahan karbon M, tentunya kemampuan saat melahap permukaan aspal semakin mumpuni, namun tetap ringan baik di lintasan sirkuit maupun jalan raya.
Dashboard informatif
Panel instrumen pada M 1000 RR secara keseluruhan memiliki basis desain yang serupa dengan RR dengan animasi M saat kunci dinyalakan.
Tersedia paket opsional berupa kode aktivasi (konten paket kompetisi M), yang dapat digunakan untuk menyediakan materi data yang komprehensif untuk penggunaan M GPS laptrigger dan M GPS data logger (Original BMW Motorrad Accessories) melalui antarmuka OBD instrument cluster.
Jika konsumen belum puas dengan performa standarnya, BMW menyediakan paket M (M Competition) yang tentunya lebih mumpuni.Paket ini menyediakan perpaduan menarik antara komponen berkelas untuk kombinasi teknologi balap dan estetika pada saat yang bersamaan.
Selain perangkat lunak M GPS laptrigger dan kode aktivasi yang sesuai, paket ini termasuk komponen suku cadang berlabel M, lengan ayun yang lebih ringan 220 gram, dan pengoptimalan gesekan serta rantai M Endurance yang dilapisi DLC yang bebas perawatan, plus cover belakang pada jok penumpang.
Spesifikasi lengkap BMW M 1000 RR
Engine
Type : Water/oil-cooled 4-cylinder with 4-stroke in-line engine, four titanium valves per cylinder and BMW ShiftCam
Bore / stroke : 80 mm x 49.7 mm
Capacity : 999 ccm
Rated output : 156 kW (212 hp) at 14.500 rpm
Max. torque : 113 Nm at 11.000 rpm
Compression ratio : 13.5 : 1
Mixture control : Electronic injection, variable intake pibe
Emission control : Closed-loop 3-way catalytic converters, EU-5 norm
Performance / Fuel Consumption
Maximum speed : 306 km/h
Fuel consumption per 100 km based on WMTC : 6.5 Liter
CO2 emission based on WMTC : 151 g/km
Fuel type : Unleaded super(premium), octane number 95 - 98 (RON)
Electrical System
Alternator : 450 Watt
Battery : 12 V / 5 Ah, Lithium-ion
Power Transmission
Clutch : Multiplate clutch in oil bath, anti-hopping clutch, with self-reinforcement
Gearbox : Constant-mesh 6-speed gearbox with straight cut gears
Drive : Chain 525 17/46
Traction Control : BMW Motorrad DTC
Dimensions / Weights
Seat height : 832 mm
Inner leg curve : 1.845 mm
Usable tank volume : 16.5 Liter
Reserve : approx 4 Liter
Length : 2.073 mm
Height (excl. mirrors) : 1.197 mm
Width (excl. mirrors) : 848 mm
Dry weight : 170 kg (M Competition Package 169.8 kg) without battery
Unladen weight, road ready, fully fuelled : 192 kg (M Competition Package 191.8 kg)
Permitted total weight : 407 kg
Payload (with standard equipment) : 212 kg
Chassis / Brakes
Frame : Bridge-type frame, cast aluminium, load-bearing engine
Front wheel location / suspension : Upside-down telescopic fork with a diameter of 45 mm, adjustable compression and rebound stage, adjustable preload
Rear wheel location / suspension : Aluminium swing arm, full floater pro, compression and rebound damping adjustable, adjustable preload
Suspension travel, front / rear : 120 mm / 117 mm
Wheelbase : 1.457 mm
Castor : 99.8 mm
Steering head angle : 66.4°
Wheels : M Carbon Wheels
Rim, front : 3.5 x 17''
Rim, rear : 6.0 x 17''
Tyre, front : 120 / 70 ZR 17
Tyre, rear : 200 / 55 ZR 17
Brake, front : Twin disc brake, M Brake 4-piston fixed caliper, 5 mm diameter 320 mm
Brake, rear : Single disc brake, 2-piston fixed caliper, diameter 220 mm
ABS : BMW Motorrad Race ABS Pro (part-integral), modes to select ABS Pro : ABS Pro settings for RAIN, ROAD, DYNAMIC mode, no ABS Pro in RACE and Race Pro 1-3 mode
Jakarta: BMW Motorrad Indonesia resmi meluncurkan model sport BMW M RR atau M 1000 RR, Rabu, 16 Februari 2022 di showroom BMW Motorrad, Jakarta Selatan.
BMW M RR merupakan model 'rare item' yang menyasar para kolektor. Motor 1000 cc ini dikembangkan dari spesifikasi model yang berkompetisi di ajang World Superbike (WSBK). Motor ini dibanderol dengan harga cukup fantastis yakni sekitar Rp1,6 miliar off the road.
Performa tenaga yang jauh lebih besar serta komponen yang dirancang khusus untuk aplikasi di trek balap menjadikan M 1000 RR sebagai produk tergarang di jajaran BMW Motorrad sekaligus menambah jajaran tipe sport di Indonesia.
Model M RR atau M 1000 RR memiliki tenaga dan torsi puncak yang lebih besar dibandingkan model pendahulunya S 1000 RR. Superbike ini dibekali mesin 1000cc berbasis versi RR yakni 4 silinder segaris berpendingin cairan, dipadukan dengan teknologi BMW ShiftCam. Tenaga yang dihasilkan mencapai 212 hp pada 14.500 rpm dengan torsi puncak 113 Nm di putaran mesin 11.000 rpm.
Untuk perangkat winglet, BMW mengembangkan komponen di lintasan balap dan terowongan angin (wind tunnel) milik BMW di Jerman. Terbuat dari serat karbon, komponen ini menghasilkan aerodinamika yang mumpuni guna menunjang performa.
Sasis yang ditingkatkan
BMW M 1000 RR menggunakan sasis baru berbasiskan model RR, dengan rangka 'jembatan' di bagian tengah dari bahan aluminium. Sasis ini dipadu dengan shock model upside-down di depan yang dioptimalkan fungsinya.
Sementara di belakang disematkan suspensi berkelir biru serta kinematika Full Floater Pro. Fokus utama dari desain sasis ini untuk mencapai waktu putaran terbaik di trek balap.