Bangkok: Honda diketahui sudah merilis PCX terbaru yang mengadopsi mesin eSP+ 160 cc. Tidak menutup kemungkinan mesin ini juga akan digunakan di model Vario, mengingat Vario dan PCX yang ada di Indonesia juga berbagi mesin 150 cc yang sama.
Sebuah media di Thailand, Greatbiker, menuliskan Honda Thailand sedang mempersiapkan model Click baru yang merupakan nama lain Vario di Thailand. Click akan dibekali dengan mesin yang lebih besar, yakni 160 cc.
Soal mesin ini kemungkinan sama dengan yang digunakan di PCX 160. Mengingat pihak prinsipal sudah mengumumkan spesifikasi mesin ini secara detail, dan bahkan untuk PCX 160 sudah bisa dipesan.
Mesin eSP+ ini memiliki spesifikasi SOHC 1 silinder 156 cc dengan diameter dan langkah piston (bore x stroke) 60.0 x 55.5 mm. Selain kubikasinya meningkat 6 cc, mesin yang baru ini juga sudah mengadopsi teknologi 4 katup yang membuat tenaganya meningkat cukup signifikan dibandingkan mesin 150 cc yang digunakan sekarang.
Sebagai perbandingan saja, PCX 160 memiliki tenaga mencapai 15,5 daya kuda @ 8.500 rpm dengan daya puntir maksimal 15 Nm @ 6.500 rpm. Kalaupun Vario 160 benar kejadian, maka tenaganya kemungkinan tidak jauh berbeda.
Perlu diingat satu hal, mengingat Vario segmentasinya di bawah PCX maka kemungkinan fitur yang diusung tidak akan selengkap kakak besarnya. Diprediksi Vario tidak akan kedapatan fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC).
Tentu akan menarik apabila Vario menggunakan mesin 160 cc dan semakin bersaing dengan All New Yamaha Aerox 155 dari segi performa. Mari ditunggu saja realisasinya di tahun 2021.
Bangkok: Honda diketahui sudah merilis PCX terbaru yang mengadopsi mesin eSP+ 160 cc. Tidak menutup kemungkinan mesin ini juga akan digunakan di model Vario, mengingat Vario dan PCX yang ada di Indonesia juga berbagi mesin 150 cc yang sama.
Sebuah media di Thailand, Greatbiker, menuliskan Honda Thailand sedang mempersiapkan model Click baru yang merupakan nama lain Vario di Thailand. Click akan dibekali dengan mesin yang lebih besar, yakni 160 cc.
Soal mesin ini kemungkinan sama dengan yang digunakan di PCX 160. Mengingat pihak prinsipal sudah mengumumkan spesifikasi mesin ini secara detail, dan bahkan untuk PCX 160 sudah bisa dipesan.
Mesin eSP+ ini memiliki spesifikasi SOHC 1 silinder 156 cc dengan diameter dan langkah piston (bore x stroke) 60.0 x 55.5 mm. Selain kubikasinya meningkat 6 cc, mesin yang baru ini juga sudah mengadopsi teknologi 4 katup yang membuat tenaganya meningkat cukup signifikan dibandingkan mesin 150 cc yang digunakan sekarang.
Sebagai perbandingan saja, PCX 160 memiliki tenaga mencapai 15,5 daya kuda @ 8.500 rpm dengan daya puntir maksimal 15 Nm @ 6.500 rpm. Kalaupun Vario 160 benar kejadian, maka tenaganya kemungkinan tidak jauh berbeda.