Jakarta: Sepeda motor, khususnya model skuter, diketahui tanpa gigi dan pengendaranya cukup memutar knob gas untuk menjalankannya. Tetapi bagaimana jadinya jika skuter diberikan gigi mundur layaknya mobil?
Teknologi unik ini bisa ditemui di Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced yang sudah dipasarkan di Tanah Air. Model ini merupakan skuter roda 3 pertama di dunia dengan gigi mundur yang terpasang sebagai fitur standar.
Fitur ini disematkan untuk membantu pengendaranya parkir di area yang sempit, sehingga dia bisa parkir mundur layaknya mobil. Tentu ini wajar saja karena MP3 500 HPE Sport Advanced dirancang sebagai kendaraan dalam kota, dimana parkir yang sempit menjadi salah satu tantangan dalam berkendara.
Selain gigi mundur yang disematkan, skuter roda tiga ini juga dilengkapi dengan mesin 500 cc HPE (High Performance Engine) baru bertenaga 44,5 daya kuda yang kemudian disalurkan ke roda belakang melalui CVT. Sensasi berkendara semakin menarik berkat mode berkendara yang dapat dipilih melalui melalui sistem Ride-by-Wire yang didukung oleh silinder tunggal 4 katup berpendingin cairan dengan injeksi elektronik dan pemetaan ganda (ECO dan STD) pada sistem bahan bakar.
Kenyamanan pengendara juga dipikirkan dengan roll lock suspensi depan yang memungkinkan pengendara memarkir Piaggio MP3 di mana saja dengan mudah dan tanpa harus berpijak di permukaan jalan. Ini adalah fitur khusus yang hanya dimiliki oleh Piaggio, dan bahkan hingga saat ini kompetitornya, Yamaha Tricity, belum memiliki fitur ini.
Fitur keselamatan lainnya termasuk lampu depan baru yang kini dilengkapi dengan lampu DRL berteknologi LED, integrasi ABS (anti-lock braking system) di pedal dan kontrol traksi ASR (anti slip regulation) untuk kendali maksimal di berbagai jenis permukaan jalan. Untuk kenyamanan, sepasang peredam guncangan gas Kayaba di bagian belakang memungkinkan kinerja dan kenyamanan, traksi, dan stabilitas ditingkatkan karena kemampuan penyerapan guncangan saat melewati jalanan yang tidak rata.
“Kehadiran MP3 500 HPE Sport Advanced adalah cara kami mengantarkan performa berkualitas tinggi, kenyamanan berkendara, dan mobilitas premium dengan teknologi mutakhir dan desain mewah ala Italia. Dengan menawarkan satu lagi yang pertama di dunia, yaitu gigi mundur canggih yang pernah diinjeksi pada sebuah skuter beroda tiga, memberikan pengendaranya kenyamanan yang belum pernah ada sebelumnya dan rasa yang eksklusif, menjadikannya sangat cocok untuk individu berkelas yang mencari petualangan dalam gaya paling canggih," kata Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, melalui keterangan resminya.
Sayangnya untuk konsumen di Indonesia baru bisa memiliki dengan skema warna Oro Opaco (emas) dengan harga Rp 360 juta (on the road Jakarta). Konsumen bisa memesannya di dealer-dealer resmi Piaggio yang tersebar di seluruh Indonesia.
Sebagai perbandingan, di segmen skuter roda tiga Tanah Air ada juga Peugeot Metropolis 400i Standard. Skuter ini dibanderol lebih murah, hanya Rp 260 juta, dengan ukuran mesin lebih kecil 400 cc. Sedangkan Yamaha Indonesia sekarang ini tidak memasarkan Tricity yang juga termasuk skuter roda tiga.
Jakarta: Sepeda motor, khususnya model skuter, diketahui tanpa gigi dan pengendaranya cukup memutar knob gas untuk menjalankannya. Tetapi bagaimana jadinya jika skuter diberikan gigi mundur layaknya mobil?
Teknologi unik ini bisa ditemui di Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced yang sudah dipasarkan di Tanah Air. Model ini merupakan skuter roda 3 pertama di dunia dengan gigi mundur yang terpasang sebagai fitur standar.
Fitur ini disematkan untuk membantu pengendaranya parkir di area yang sempit, sehingga dia bisa parkir mundur layaknya mobil. Tentu ini wajar saja karena MP3 500 HPE Sport Advanced dirancang sebagai kendaraan dalam kota, dimana parkir yang sempit menjadi salah satu tantangan dalam berkendara.
Selain gigi mundur yang disematkan, skuter roda tiga ini juga dilengkapi dengan mesin 500 cc HPE (High Performance Engine) baru bertenaga 44,5 daya kuda yang kemudian disalurkan ke roda belakang melalui CVT. Sensasi berkendara semakin menarik berkat mode berkendara yang dapat dipilih melalui melalui sistem Ride-by-Wire yang didukung oleh silinder tunggal 4 katup berpendingin cairan dengan injeksi elektronik dan pemetaan ganda (ECO dan STD) pada sistem bahan bakar.
Kenyamanan pengendara juga dipikirkan dengan roll lock suspensi depan yang memungkinkan pengendara memarkir Piaggio MP3 di mana saja dengan mudah dan tanpa harus berpijak di permukaan jalan. Ini adalah fitur khusus yang hanya dimiliki oleh Piaggio, dan bahkan hingga saat ini kompetitornya, Yamaha Tricity, belum memiliki fitur ini.