Fitur Y-Shift di Yamaha Nmax Turbo bikin Xmax megap-megap di jalur ekstrim Loksado. medcom-uda
Fitur Y-Shift di Yamaha Nmax Turbo bikin Xmax megap-megap di jalur ekstrim Loksado. medcom-uda

Optimalkan Fitur Y-Shift Nmax Turbo di Jalur Epik Loksado, Xmax Megap-Megap?

Ahmad Garuda • 22 September 2024 20:50
Loksado - Salah satu fitur yang paling banyak diragukan oleh orang-orang saat ingin membeli New Yamaha Nmax Turbo adalah fitur Y-Shift yang terdapat di setang sebelah kiri. Fitur ini dianggap takkan banyak digunakan ketika digunakan oleh pengendara yang karakternya hanya ingin menggunakan sepeda motor sebagai transportasi layaknya skuter matik lainnya. 
 
Namun sejak awal peluncurannya, Yamaha telah menegaskan bahwa fitur ini adalah salah satu membuat Nmax Turbo jadi motor yang berbeda. Kami pun penasaran untuk menjajalnya dan mendapatkan kesempatan untuk menguji fitur ini di jalur epik Loksado, Kalimantan Selatan pada Jumat (20/9/2024). 
 
Hasilnya memang cukup menakjubkan lantaran bukan hanya mampu melakukan deselerasi lebih baik, namun ketika fitur ini diaktifkan untuk kebutuhak akselerasi di jalur terjal dan berliku, benar-benar memudahkan. GM Service PT Surya Timur Sakti Jatim Area Kalimantan, Edi Sunardi menjelaskan bahwa touring ke wilayah Loksado ini membuat para peserta bisa merasakan dan mengoptimalkan fitur Y-Shift di Nmax Turbo. 

"Nmax Turbo ini punya fitur yang namanya Y-Shift dan Riding Mode T (town) dan S (sport). Baik mode T maupun mode S keduanya bisa dimanfaatkan untuk membantu membuat putaran mesin jadi lebih tinggi. Bedanya hanya di seberapa besar tingkatannya. Lantaran untuk mode T juga tetap mempertimbangkan yang namanya efisiensi penggunaan bahan bakar," ujar Edi Sunardi.  
 
Baca Juga:
Langkah-Langkah Pencegahan Pecah Ban Di Jalan

 
Hasilnya, saat menjajal fitur ini di jalur epik Loksado, test rider Medcom.id yang menggunakan Nmax Turbo versi tertinggi, benar-benar terbantu dengan fitur tersebut. Bahkan saat berada di belakang Xmax yang menjadi Road Captain, Nmax Turbo ini terlihat cukup agresif di tikungan-tikungan flowing maupun tikungan curam. 

Perbedaan Mode T dan Mode S

Banyak yang menanyakan perbedaan antara mode berkendara T dan S. Saat Kami mencobanya di jalur lurus dan panjang, mode T lebih optimal untuk melakukan efisiensi penggunaan bahan bakar. Meski demikian, fitur Y-Shift pun tetap bisa berfungsi jika ingin menyusul kendaraan lain atau ingin berakselerasi dengan cepat. 
 
Sementara untuk mode berkendara S, bisa lebih berguna untuk kondisi jalan yang curam seperti tanjakan dan turunan curam. Ketika berada di tanjakan curam, cukup sesuaikan dengan kondisi tikungan, jika tikungannya tidak terlalu tejam dan cenderung bisa kecepatan tinggi, Anda bisa memanfaatkan Y-Shift level 1, jika tikungannya agak tajam, bisa menggunakan level 2, dan jika tikungannya sangat tajam, maka Anda bisa menggunakan level 3 dengan menekan sebanyak 3 kali.
 
"Saat memasuki kawasan Loksado, peserta dihadapkan dengan kondisi jalan yang menantang, seperti tikungan tajam, tanjakan, dan turunan curam. Fitur YECVT, Turbo Y-Shift, ABS, serta kemampuan handling Nmax terbaru sangat membantu pada touring kali ini benar-benar diuji. Acara ini juga menggambarkan lifestyle pengendara MAXi pada umumnya, khususnya Nmax yang gemar touring lintas kota sambil menikmati panorama alam, wisata serta berburu kuliner khas nusantara,” tutur Chief Yamaha Territory 8, Tintan Gunawan melalui pernyataan resminya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan