Sentul – Edukasi tentang cara kerja sistem Yamaha Electric CVT (YECVT) pekan lalu, memang belum menggambarkan cara berkendara yang sebenarnya Yamaha Nmax Turbo. Namun hari ini, Kamis (27/6/2024), pabrikan berlogo 'Garpu Tala' itu akhirnya memberikan sesi berkendara khusus untuk merasakan teknik berkendara dan memaksimalkan fitur YECVT di Sirkuit Sentul Karting International.
Assistant General Manager Marketing Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Antonius Widiantoro menegaskan bahwa sesi test ride perdana untuk Nmax Turbo dengan para pewarta berita ini, sengaja digelar di Sirkuit Sentul Karting. Mengingat di sirkuit utama yang lintasannya besar, tidak memadai kondisi lintasannya.
Pada event bertajuk Nmax Turbo Media Experience tersebut, mereka ingin memberikan pengalaman berkendara secara langsung. Sehingga tidak hanya bisa menjajal kenyamanan berkendara dan handling motor saat bermanuver di lintasan sirkuit, tetapi juga dapat merasakan performa garang mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru.
Kehadiran teknologi YECVT pada motor, membuat motor ini memiliki 2 fitur unggulan yang mampu meningkatkan performa berkendara. Fitur yang pertama adalah Riding Mode dengan 2 pilihan berkendara, yaitu T-Mode dan juga S-Mode serta fitur yang kedua, yakni Y-Shift yang mampu membantu pengendara mendapatkan akselerasi ataupun deselerasi secara lebih cepat dalam 3 tingkatan (1-low, 2-medium, 3-high).
“Melalui kegiatan ini Kami berharap awak media bisa langsung menjajal fitur-fitur unggulan yang mampu meningkatkan performa berkendara secara lebih optimal, mulai dari Riding Mode, Y-Shift hingga handling serta kenyamanan berkendara yang dimiliki motor,” ungkap Antonius Widiantoro.
Edukasi Cara Menggunakan YECVT
Rangkaian acara Media Experience sendiri dimulai dengan sesi edukasi riding yang disampaikan oleh instruktur dari Yamaha Riding Academy (YRA). Tujuan dari edukasi ini adalah untuk menjelaskan cara pengoperasian fitur Riding Mode dan juga Y-Shift agar pengendara bisa mendapatkan pengalaman riding yang lebih optimal saat berakselerasi di lintasan sirkuit.
Terdapat dua pilihan mode berkendara, yaitu T-Mode dan juga S-Mode yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol Mode yang terletak pada bagian depan stang kemudi kiri. T-Mode memiliki karakter berkendara yang lebih smooth, sementara S-Mode membuat feeling akselerasi berkendara menjadi lebih agresif. Adapun ketika pengguna memindahkan mode dari T ke S saat sedang berkendara konstan, maka rpm motor akan naik 500 – 1.000 rpm.
Sementara tombol Y-Shift dapat digunakan oleh pengendara untuk melakukan akselerasi ataupun deselerasi secera lebih cepat dengan menekan tombol Shift yang terletak pada bagian bawah stang kemudi kiri. Adapun cara pengoperasian fitur untuk mendapatkan akselerasi dan deselari yang optimal adalah sebagai berikut :
Akselerasi
A. Posisi Standing Acceleration / 0 km Saat Start
1. Opsi 1 : Membuka gas secara cepat untuk auto shift ke 1. Kemudian dilanjut dengan melakukan shift 2 – 3 kali secara manual dan cepat (rpm kurang lebih akan mencapai angka 7.000). Note : Hindari jeda terlalu lama saat melakukan shift 1 – 3, karena jika rpm sudah tinggi, feeling akselerasi instan tidak terasa.
2. Opsi 2 : Membuka gas secara konstan, kemudian tekan tombol shift 1 kali, lalu buka gas secara cepat untuk auto shift ke 2 dan dilanjut menekan tombol shift secara manual dengan cepat untuk shift ke 3.
3. Jika dengan menekan tombol shift akselerasi dirasa masih kurang, pengendara bisa merubah mode berkendara dari T ke S.
B. Posisi Passing Acceleration / Saat Ingin Mendahului Kendaraan atau Keluar Tikungan
1. Tutup gas kemudian tekan shift 1 – 3 kali sesuai kebutuhan.
2. Buka gas sedikit atau konstan (gantung rpm).
3. Lanjut dengan membuka gas secara cepat dan akan terasa dorongan instan pada motor
Deselerasi
1. Tutup gas dan tekan tombol shift 1 – 3 kali (shift 3 untuk deselerasi maksimal).
2. Kondisi saat sebelum masuk atau ketika menikung : tutup gas dan lakukan shift sesuai kebutuhan 1 – 3 kali, ban belakang motor tidak akan mengunci dan motor tetap stabil untuk dikendarai.
3. Kondisi saat di jalanan menurun yang panjang : bisa melakukan Shift secara berulang dengan menekan shift 1 – 3 kali, kemudian tekan tombol Mode untuk me-release shift, dan tekan tombol Shift kembali sesuai kebutuhan.
Me-Release Y-Shift
1. Opsi 1 : Membuka gas secara cepat.
2. Opsi 2 : Tekan tombol mode sebanyak 1 kali (jika 2 kali akan merubah mode berkendara).
3. Opsi 3 : Tutup gas secara konstan.
Sentul – Edukasi tentang cara kerja sistem Yamaha Electric CVT (YECVT) pekan lalu, memang belum menggambarkan cara berkendara yang sebenarnya Yamaha Nmax Turbo. Namun hari ini, Kamis (27/6/2024), pabrikan berlogo 'Garpu Tala' itu akhirnya memberikan sesi berkendara khusus untuk merasakan teknik berkendara dan memaksimalkan fitur YECVT di Sirkuit Sentul Karting International.
Assistant General Manager Marketing Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Antonius Widiantoro menegaskan bahwa sesi test ride perdana untuk Nmax Turbo dengan para pewarta berita ini, sengaja digelar di Sirkuit Sentul Karting. Mengingat di sirkuit utama yang lintasannya besar, tidak memadai kondisi lintasannya.
Pada event bertajuk Nmax Turbo Media Experience tersebut, mereka ingin memberikan pengalaman berkendara secara langsung. Sehingga tidak hanya bisa menjajal kenyamanan berkendara dan handling motor saat bermanuver di lintasan sirkuit, tetapi juga dapat merasakan performa garang mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru.
Kehadiran teknologi YECVT pada motor, membuat motor ini memiliki 2 fitur unggulan yang mampu meningkatkan performa berkendara. Fitur yang pertama adalah Riding Mode dengan 2 pilihan berkendara, yaitu T-Mode dan juga S-Mode serta fitur yang kedua, yakni Y-Shift yang mampu membantu pengendara mendapatkan akselerasi ataupun deselerasi secara lebih cepat dalam 3 tingkatan (1-low, 2-medium, 3-high).
“Melalui kegiatan ini Kami berharap awak media bisa langsung menjajal fitur-fitur unggulan yang mampu meningkatkan performa berkendara secara lebih optimal, mulai dari Riding Mode, Y-Shift hingga handling serta kenyamanan berkendara yang dimiliki motor,” ungkap Antonius Widiantoro.
Edukasi Cara Menggunakan YECVT
Rangkaian acara Media Experience sendiri dimulai dengan sesi edukasi riding yang disampaikan oleh instruktur dari Yamaha Riding Academy (YRA). Tujuan dari edukasi ini adalah untuk menjelaskan cara pengoperasian fitur Riding Mode dan juga Y-Shift agar pengendara bisa mendapatkan pengalaman riding yang lebih optimal saat berakselerasi di lintasan sirkuit.
Terdapat dua pilihan mode berkendara, yaitu T-Mode dan juga S-Mode yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol Mode yang terletak pada bagian depan stang kemudi kiri. T-Mode memiliki karakter berkendara yang lebih smooth, sementara S-Mode membuat feeling akselerasi berkendara menjadi lebih agresif. Adapun ketika pengguna memindahkan mode dari T ke S saat sedang berkendara konstan, maka rpm motor akan naik 500 – 1.000 rpm.
Sementara tombol Y-Shift dapat digunakan oleh pengendara untuk melakukan akselerasi ataupun deselerasi secera lebih cepat dengan menekan tombol Shift yang terletak pada bagian bawah stang kemudi kiri. Adapun cara pengoperasian fitur untuk mendapatkan akselerasi dan deselari yang optimal adalah sebagai berikut :
Akselerasi
A. Posisi Standing Acceleration / 0 km Saat Start
1. Opsi 1 : Membuka gas secara cepat untuk auto shift ke 1. Kemudian dilanjut dengan melakukan shift 2 – 3 kali secara manual dan cepat (rpm kurang lebih akan mencapai angka 7.000). Note : Hindari jeda terlalu lama saat melakukan shift 1 – 3, karena jika rpm sudah tinggi, feeling akselerasi instan tidak terasa.
2. Opsi 2 : Membuka gas secara konstan, kemudian tekan tombol shift 1 kali, lalu buka gas secara cepat untuk auto shift ke 2 dan dilanjut menekan tombol shift secara manual dengan cepat untuk shift ke 3.
3. Jika dengan menekan tombol shift akselerasi dirasa masih kurang, pengendara bisa merubah mode berkendara dari T ke S.
B. Posisi Passing Acceleration / Saat Ingin Mendahului Kendaraan atau Keluar Tikungan
1. Tutup gas kemudian tekan shift 1 – 3 kali sesuai kebutuhan.
2. Buka gas sedikit atau konstan (gantung rpm).
3. Lanjut dengan membuka gas secara cepat dan akan terasa dorongan instan pada motor
Deselerasi
1. Tutup gas dan tekan tombol shift 1 – 3 kali (shift 3 untuk deselerasi maksimal).
2. Kondisi saat sebelum masuk atau ketika menikung : tutup gas dan lakukan shift sesuai kebutuhan 1 – 3 kali, ban belakang motor tidak akan mengunci dan motor tetap stabil untuk dikendarai.
3. Kondisi saat di jalanan menurun yang panjang : bisa melakukan Shift secara berulang dengan menekan shift 1 – 3 kali, kemudian tekan tombol Mode untuk me-release shift, dan tekan tombol Shift kembali sesuai kebutuhan.
Me-Release Y-Shift
1. Opsi 1 : Membuka gas secara cepat.
2. Opsi 2 : Tekan tombol mode sebanyak 1 kali (jika 2 kali akan merubah mode berkendara).
3. Opsi 3 : Tutup gas secara konstan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)