Jakarta: Pilah-pilih sepeda motor saat ini, memang wajib pakai strategi. Selain karena kondisi pandemi masih berimbas besar terhadap masyarakat Indonesia, juga benar-benar butuh kuda besi yang memang bisa mengakomodasi banyak hal. Hal yang wajib ada pun tak lepas dari tenaga, dimensi kompak, irit konsumsi bahan bakar, fiturnya banyak, dan tentunya terdepan soal gaya.
Yamaha mencoba menjawab dengan menawarkan skutik terbarunya Gear 125. Motor ini sebenarnya punya basis mesin yang sama dengan Freego, namun soal setup dan hal lainnya, banyak yang berbeda. Diantaranya soal kapasitas bagasi, diameter ban, dimensi bodi, rangka, hingga impresi di jalan raya.
Tentu tidak selalu berbicara soal performa atau kecepatan, namun juga impresi keseluruhan sebelum, saat dan setelah berkendara. Tim Medcom.id berkesempatan untuk mencoba Gear 125 dan bagaimana impresinya?
Lebih Bertenaga
Motor yang baru diluncurkan brand asal Jepang itu beberapa hari lalu, bisa dibilang menyasar segmentasi entry level di atas Mio S. Tenaganya memang terkesan lebih galak. Mungkin karena adanya perubahan konfigurasi di CVT lalu juga penggunaan ban diameter besar.
Dari spesifikasi data teknis yang ada, motor ini mengusung mesin 124,96 cc dengan konfigurasi tenaga yang dihasilkan mencapai 7,0 kW pada 8000 RPM dan torsi sebesar 9,5 Nm pada 5500 RPM. Namun karena dimensi yang terbilang kompak, hal ini pun membuat tarikan motor lebih terasa, bahkan saat berakselerasi di jalan menanjak.
Efisiensi Bahan Bakar
Klaim Yamaha soal konsumsi bahan bakar yang irit, memang secara angka pas tidak bisa dibuktikan di sesi riding experience kali ini. Namun jika dilihat kapasitas tangki BBM yang hanya membuat 4,2 liter dan jalur yang ditempuh mencapai 130 km tentu bisa disimulasikan. Start dari DDS Yamaha dengan posisi tangki bensin penuh, dan kembali lagi ke titik start, tangki BBM masih tersisa 3/4.
Berarti bisa diasumsikan konsumsi bahan bakar sejauh 130 km yang ditempuh dengan ragam kondisi (macet, hujan, tanjakan ekstrim, turunan, jalan lurus), mencapai kurang lebih 43 km per liter. Tentu ini menjadi sangat penting bagi mereka yang baru membeli motor pertamanya.
Jika dibandingkan dengan rivalnya seperti Honda BeAT dan Suzuki Nex, perbedaan yang terasa tidak terlalu besar. Dengan kapasitas mesin lebih besar, bisa dibilang Gear 125 menguntungkan penggunanya dengan pilihan harga mulai dari Rp16,7 jutaan untuk versi standard dan Rp17,7 jutaan untuk versi S.
Jakarta: Pilah-pilih sepeda motor saat ini, memang wajib pakai strategi. Selain karena kondisi pandemi masih berimbas besar terhadap masyarakat Indonesia, juga benar-benar butuh kuda besi yang memang bisa mengakomodasi banyak hal. Hal yang wajib ada pun tak lepas dari tenaga, dimensi kompak, irit konsumsi bahan bakar, fiturnya banyak, dan tentunya terdepan soal gaya.
Yamaha mencoba menjawab dengan menawarkan skutik terbarunya Gear 125. Motor ini sebenarnya punya basis mesin yang sama dengan Freego, namun soal setup dan hal lainnya, banyak yang berbeda. Diantaranya soal kapasitas bagasi, diameter ban, dimensi bodi, rangka, hingga impresi di jalan raya.
.jpeg)
Tentu tidak selalu berbicara soal performa atau kecepatan, namun juga impresi keseluruhan sebelum, saat dan setelah berkendara. Tim Medcom.id berkesempatan untuk mencoba Gear 125 dan bagaimana impresinya?
Lebih Bertenaga
Motor yang baru diluncurkan brand asal Jepang itu beberapa hari lalu, bisa dibilang menyasar segmentasi entry level di atas Mio S. Tenaganya memang terkesan lebih galak. Mungkin karena adanya perubahan konfigurasi di CVT lalu juga penggunaan ban diameter besar.
Dari spesifikasi data teknis yang ada, motor ini mengusung mesin 124,96 cc dengan konfigurasi tenaga yang dihasilkan mencapai 7,0 kW pada 8000 RPM dan torsi sebesar 9,5 Nm pada 5500 RPM. Namun karena dimensi yang terbilang kompak, hal ini pun membuat tarikan motor lebih terasa, bahkan saat berakselerasi di jalan menanjak.