Beijing: Industri otomotif Tiongkok sudah terkenal acap menjiplak atau mencontek desain kendaraan dari berbagai merek otomotif ternama. Jika kemarin sudah membahas desain Vario 150 yang dikloning menjadi Happy 150, kini giliran BMW yang merasakan.
Produsen motor asal Tiongkok, Moto, menjiplak desain BMW S1000RR yang berstatus superbike. Sedangkan tiruannya diberi nama Moto S450RR.
Kalau dilihat dari namanya, S450RR, jelas sudah tampak perbedaan spesifikasi mesinnya. Kuda besi buatan Jerman tersebut menggunakan mesin 1.000 cc, sedangkan tiruannya hanya memiliki 450 cc.
Lebih tepatnya, S450RR menggunakan mesin 450 twin-cylinder bertenaga 24 daya kuda @ 6.500 rpm dan torsi 22 Nm @ 7.000 rpm. Tenaga tersebut kemudian disalurkan ke roda melalui transmisi 6 percepatan.
Selebihnya untuk tampilan bisa dibilang hampir sama dengan saudaranya di Jerman tersebut. Tapi tentu saja dimensi sepeda motor ini berbeda.
Mulai dari fairing, skema warna, lampu depan, dan posisi logo di fairing sangat identik. Bahkan body strip bertuliskan RR di body juga tidak terlewatkan.
Di area kendali, pengendara akan disuguhkan dengan stang jepit dan jok khas S1000RR. Urusan informasi motor akan disajikan melalui layar instrumen TFT full colour.
Bagian kaki-kaki juga sudah dibekali dengan suspensi upside down untuk depan, dan monoshock di belakang. Kemudian tersemat juga pengereman cakram ganda di depan dan cakram tunggal di belakang, serta sudah dilengkapi fitur anti-lock braking system (ABS) untuk memastikan ban tidak selip ketika pengereman.
Soal harga, tentu saja motor-motor buatan Tiongkok sangat terjangkau. Di Vietnam, konsumen bisa membeli S450RR dengan harga VND (Dong) 50 juta atau sekitar Rp 32,2 juta saja.
Beijing: Industri otomotif Tiongkok sudah terkenal acap menjiplak atau mencontek desain kendaraan dari berbagai merek otomotif ternama. Jika kemarin sudah membahas desain Vario 150 yang dikloning menjadi Happy 150, kini giliran BMW yang merasakan.
Produsen motor asal Tiongkok, Moto, menjiplak desain BMW S1000RR yang berstatus superbike. Sedangkan tiruannya diberi nama Moto S450RR.
Kalau dilihat dari namanya, S450RR, jelas sudah tampak perbedaan spesifikasi mesinnya. Kuda besi buatan Jerman tersebut menggunakan mesin 1.000 cc, sedangkan tiruannya hanya memiliki 450 cc.
Lebih tepatnya, S450RR menggunakan mesin 450 twin-cylinder bertenaga 24 daya kuda @ 6.500 rpm dan torsi 22 Nm @ 7.000 rpm. Tenaga tersebut kemudian disalurkan ke roda melalui transmisi 6 percepatan.
Selebihnya untuk tampilan bisa dibilang hampir sama dengan saudaranya di Jerman tersebut. Tapi tentu saja dimensi sepeda motor ini berbeda.
Halaman Selanjutnya