Mandalika - Bikers atau pemotor yang menggunakan motor tipe sport, biasanya punya impian tersendiri terutama dalam menjajal sirkuit berskala dunia seperti Sirkuit Mandalika yang ada di Lombok. Jika Anda salah satu dari sekian rider yang punya impian untuk menjajal motornya di sirkuit, tentu ada hal-hal wajib yang harus dipersiapkan.
Menurut Trainer Astra Honda Racing School, Wawan Hermawan saat berbicara kepada Medcom.id, bahwa persiapan wajib buat mereka yang ingin turun ke lintasan ada beberapa hal. "Persiapan itu meliputi pemanasan, perlengkapan balap, pengecekan unit. Hal ini wajib dipersiapkan dengan baik, terutama agar semua bikers yang turun ke lintasan tetap terjaga keselamatannya," ujar Wawan.
Ia melanjutkan bahwa hal lain yang juga tak kalah pentingnya adalah gaya berkendara di lintasan itu juga sangat berbeda dengan gaya gaya ketika berkendara di jalan umum. Setelah diberitahukan soal persiapan, kemudian masuk ke sesi teknik balap.
"Hal-hal yang penting untuk diperhatikan untuk teknik balapan, di antaranya adalah posisi berkendara di trek lurus, zona pengereman, riding position saat berbelok. Nah saat berbelok ini juga ada tiga posisi, yaitu lean in (ketika masuk ke tikungan, lalu lean out (ketika keluar dari tikungan), kemudian lean with the bike (menikung bersama motor) di jalur balap yang tepat."
Menurutnya, memang ini teori yang sangat mendasar harus dipahami orang-orang yang ingin turun ke lintasan balap. Terutama buat mayoritas peserta yang hadir di sana, juga masih sangat baru dengan kondisi trek di Mandalika. Jadi hal-hal ini menurutnya memang sangat penting untuk dipahami.
Terakhir adalah soal layout sirkuit, sehingga bisa paham di titik mana menggunakan gigi apa dan zona pengeremannya di mana. Namun beruntung di Mandalika Circuit ini, memang diberikan tanda khusus berupa cone, sebagai titik pengereman paling aman untuk rider pemula. Sehingga bisa lebih aman dalam berkendara, meskipun menggunakan motor balap.
Mandalika - Bikers atau pemotor yang menggunakan
motor tipe sport, biasanya punya impian tersendiri terutama dalam menjajal sirkuit berskala dunia seperti Sirkuit Mandalika yang ada di Lombok. Jika Anda salah satu dari sekian rider yang punya impian untuk menjajal motornya di sirkuit, tentu ada hal-hal wajib yang harus dipersiapkan.
Menurut Trainer Astra Honda Racing School, Wawan Hermawan saat berbicara kepada Medcom.id, bahwa persiapan wajib buat mereka yang ingin turun ke lintasan ada beberapa hal. "Persiapan itu meliputi pemanasan, perlengkapan balap, pengecekan unit. Hal ini wajib dipersiapkan dengan baik, terutama agar semua bikers yang turun ke lintasan tetap terjaga keselamatannya," ujar Wawan.
Ia melanjutkan bahwa hal lain yang juga tak kalah pentingnya adalah gaya berkendara di lintasan itu juga sangat berbeda dengan gaya gaya ketika berkendara di jalan umum. Setelah diberitahukan soal persiapan, kemudian masuk ke sesi teknik balap.
"Hal-hal yang penting untuk diperhatikan untuk teknik balapan, di antaranya adalah posisi berkendara di trek lurus, zona pengereman, riding position saat berbelok. Nah saat berbelok ini juga ada tiga posisi, yaitu lean in (ketika masuk ke tikungan, lalu lean out (ketika keluar dari tikungan), kemudian lean with the bike (menikung bersama motor) di jalur balap yang tepat."
Menurutnya, memang ini teori yang sangat mendasar harus dipahami orang-orang yang ingin turun ke lintasan balap. Terutama buat mayoritas peserta yang hadir di sana, juga masih sangat baru dengan kondisi trek di Mandalika. Jadi hal-hal ini menurutnya memang sangat penting untuk dipahami.
Terakhir adalah soal layout sirkuit, sehingga bisa paham di titik mana menggunakan gigi apa dan zona pengeremannya di mana. Namun beruntung di Mandalika Circuit ini, memang diberikan tanda khusus berupa cone, sebagai titik pengereman paling aman untuk rider pemula. Sehingga bisa lebih aman dalam berkendara, meskipun menggunakan motor balap.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)