Menguji seberapa ampun fitur quick shifter memangkas waktu yang digunakan untuk akselerasi dan deselerasi. DA
Menguji seberapa ampun fitur quick shifter memangkas waktu yang digunakan untuk akselerasi dan deselerasi. DA

Test Ride

Jajal Quick Shifter Honda CBR250RR di Mandalika, Benarkah Ampuh Pangkas Waktu?

Ahmad Garuda • 03 September 2023 19:50
Mandalika - Keseruan memacu Honda CBR250RR di Sirkuit Mandalika cukup memberikan sensasi berkendara yang memompa adrenalin dan menyenangkan. Hal ini tak lepas dari dukungan performa sepeda motor yang diciptakan untuk pecinta kecepatan. Salah satu fitur yang bikin para penggunanya cepat menyesuaikan lantaran adanya fitur quick shifter yang disematkan di motor tersebut.
 
Honda CBR250RR varian SP Quick Shifter dibekali mesin dengan kompresi tinggi dengan tenaga dan torsi optimal, sehingga tarikan menjadi lebih responsif juga kecepatan puncak lebih tinggi. Fitur Quick Shifter mengoptimalkan perpindahan gigi tanpa menarik tuas kopling untuk mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi.
 
Lalu seperti apa efektifnya fitur tersebut saat digunakan di lintasan? Trainer Astra Honda Racing School yang juga mantan pembalap Astra Honda Racing Team, Wawan Hermawan menjelaskan, fitur tersebut bisa membuat pembalap atau atau mereka yang awam pun bisa merasakan sensasi motor balap sejati. Artinya di zona sirkuit yang membutuhkan akselerasi cepat di trek lurus, bisa dengan cepat mencapai kecepatan maksimal tanpa direpotkan urusan menekan tuas kopling. 

"Motor ini memang proper untuk digunakan di lintasan balap. Untuk sekadar fun riding seperti di acara CBR250RR Track Day di Sirkuit Mandalika kali ini, rasanya lebih dari cukup. Jika harus menekan tuas kopling untuk oper gigi, tentu sudah memakan waktu seperti sekian detik. Sementara mereka yang menggunakan quick shifter sudah lebih dulu melaju kencang ke depan yang direpotkan menekan tuas kopling," ujar Wawan kepada Medcom ketika memandu para komunitas di acara tersebut pada Minggu (23/9/2023). 
 
Baca Juga:
Simak, Daftar Kendaraan yang Tidak Wajib Uji Emisi

 
Saat Kami melakukan percobaan pun, memang itu cukup terbukti. Lantaran ketika di lap awal kami mencoba menggunakan kopling untuk akselerasi dan deselerasi, itu memakan waktu sepersekian detik. Ukurannya di kecepatan maksimal sebelum melakukan pengereman di tikungan pertama. Tercatat di speedometer pada saat menggunakan tuas kopling, top speed mencapai 165 km per jam. Sementara saat menggunakan fitur quick shifter, kecepatan maksimal bisa mencapai 169 km per jam.
 
Ini menjadi bukti bahwa kinerja fitur tersebut, membuat proses akselerasi berlangsung cepat tanpa harus menurunkan tuas gas. Sehingga antara satu gigi ke gigi lainnya terasa sambung menyambung layaknya para profesional di ajang balap motor dunia.
 
CBR250RR dilengkapi beragam fitur canggih untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan sepeda motor supersport bertenaga, sekaligus mampu mendukung pengendaraan harian. Salah satunya Separated Function Fork - Big Piston (SFF-Big Piston) inverted pada suspensi depan. Fitur terbaru ini, memberikan rasa nyaman, membuat sepeda motor yang lebih stabil saat melibas lintasan sirkuit.
 
Sepeda motor ini memiliki tampilan desain Aggressive Shape dengan dimensi yang lebih lebar pada keseluruhan tampilan bodi. Bertema “Speedy Shape”, karakter potongan-potongan tajam pada setiap lekukan semakin menambah kesan agresif dan kecepatan layaknya motor balap. Desain bodi model terbaru ini turut mendukung dalam memberikan kontribusi untuk kemudahan pengendalian saat melakukan manuver.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan