Jakarta: Honda melakukan penyegaran untuk motor petualang mereka CRF250 Rally yang dipasarkan di Indonesia. Motor bergaya adventure ini hadir tidak hanya sekadar menawarkan perubahan desain, namun juga penyesuaian teknologi untuk menunjang kemampuannya melintasi berbagai medan jalan.
Jenama asal Jepang ini diketahui menurunkan semangat CRF450 Rally yang biasa digunakan di Reli Dakar. Hal ini kemudian diaplikasikan kepada kuda besi 250 cc tersebut dengan bobot yang lebih ringan, tenaga dan torsi yang lebih besar, hingga perubahan rasio gear, hingga penyematan fitur assist/slipper clutch di sistem transmisi.
Penyematan mesin 250 cc DOHC silinder tunggal dan berpendingin cairan diklaim masih yang paling sesuai dengan kebutuhan konsumen di motor tersebut. Ubahan ukuran rasio gear, intake camshaft, dan exhaust menghasilkan akselerasi yang lebih responsif dengan tenaga maksimum mencapai 25,3 daya kuda @ 8,500rpm dan torsi maksimum 23.1 Nm @ 6,500 rpm.
Motor ini juga dibekali dengan desain rangka semi double cradle dan desain cover knalpot serta singwarm model terbaru menghasilkan bobot lebih ringan menjadi 152 kg. Untuk mendukung penaklukkan berbagai kondisi jalan, sistem transmisi Honda CRF250 RALLY dilengkapi assist/slipper clutch. Fitur ini membuat penggunaan kopling lebih ringan dan dapat membantu engine brake yang mencegah roda belakang selip ketika pengendara menurunkan gigi secara cepat.
Sementara itu, suspensi dan ketinggian jok diatur ulang untuk memberikan rasa nyaman saat berkendara di permukaan kasar dan medan off road. New CRF250 Rally memiliki suspensi depan 43mm Inverted Front Fork Showa.
Model ini hadir dengan velg alumunium dengan warna hitam Alumite (dengan ukuran 21 inchi bagian depan dan 18 inchi bagian belakang) dan menggunakan ban dengan pola dual purpose (depan ; 80 / 100-21M / C 51P dan belakang 120 / 80-18M / C 62P).
Perubahan desain juga turut mengubah kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar sehingga dapat menampung bahan bakar 12,8 L, dan mampu menjelajah lebih dari 445km berkat hasil konsumsi bahan bakar 34,8 kilometer per liter.
Sektor panelmeter juga berubah dengan desain digital yang lebih besar dan informatif dengan tambahan informasi jumlah rata-rata konsumsi bahan bakar dan posisi transmisi gigi yang sedang digunakan. Panel informasi ini kini juga semakin mudah dibaca pengendara dengan huruf dan angka yang diperbesar menjadi 23 mm.
New CRF250 Rally disematkan floating wind screen dan shroud samping yang menawarkan perlindungan bagi pengendara. Perlindungan bagi pengendara juga terdapat pada hand guards untuk melindungi tangan pengendara, rem serta tuas kopling. Under cover memberikan perlindungan mesin dari benturan dan tuas pemindah gigi dapat dilipat. Lampu depan yang berbentuk asimetris dengan LED, serta penggunaan lampu LED pada winker.
Direktur Marketing Astra Honda Motor, Thomas Wijaya, mengatakan sentuhan terbaru ini dipersembahkan untuk para pecinta motor petualang yang menyukai kebebasan dalam berkendara. Hal ini merupakan salah satu upaya perusahaan dalam melakukan inovasi untuk memberikan kendaraan sepeda motor yang tangguh bagi para pecinta adventure.
“Beragam perubahan akan memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan serta tangguh dalam melewati beragam kondisi jalan. Kami berharap penyematan fitur dan desain baru ini dapat menjawab kebutuhan para pecinta motor Adventure Tourer di Indonesia," ujar Thomas melalui keterangan resminya.
Sayangnya motor ini hanya tersedia dengan skema warna Extreme Red yang dipasarkan dengan harga Rp87,5 juta (on the road DKI Jakarta).
Keberadaan CRF250 Rally secara tidak langsung menjadi lawan yang cukup sepadan untuk Kawasaki Versys-X 250, sama-sama motor petualang di segmen 250 cc. Motor petualang dari merek yang identik dengan warna hijau tersebut dipasarkan lebih miring, hanya Rp68,9 juta (on the road DKI Jakarta).
Jakarta: Honda melakukan penyegaran untuk motor petualang mereka CRF250 Rally yang dipasarkan di Indonesia. Motor bergaya adventure ini hadir tidak hanya sekadar menawarkan perubahan desain, namun juga penyesuaian teknologi untuk menunjang kemampuannya melintasi berbagai medan jalan.
Jenama asal Jepang ini diketahui menurunkan semangat CRF450 Rally yang biasa digunakan di Reli Dakar. Hal ini kemudian diaplikasikan kepada kuda besi 250 cc tersebut dengan bobot yang lebih ringan, tenaga dan torsi yang lebih besar, hingga perubahan rasio gear, hingga penyematan fitur assist/slipper clutch di sistem transmisi.
Penyematan mesin 250 cc DOHC silinder tunggal dan berpendingin cairan diklaim masih yang paling sesuai dengan kebutuhan konsumen di motor tersebut. Ubahan ukuran rasio gear, intake camshaft, dan exhaust menghasilkan akselerasi yang lebih responsif dengan tenaga maksimum mencapai 25,3 daya kuda @ 8,500rpm dan torsi maksimum 23.1 Nm @ 6,500 rpm.
Motor ini juga dibekali dengan desain rangka semi double cradle dan desain cover knalpot serta singwarm model terbaru menghasilkan bobot lebih ringan menjadi 152 kg. Untuk mendukung penaklukkan berbagai kondisi jalan, sistem transmisi Honda CRF250 RALLY dilengkapi assist/slipper clutch. Fitur ini membuat penggunaan kopling lebih ringan dan dapat membantu engine brake yang mencegah roda belakang selip ketika pengendara menurunkan gigi secara cepat.
Sementara itu, suspensi dan ketinggian jok diatur ulang untuk memberikan rasa nyaman saat berkendara di permukaan kasar dan medan off road. New CRF250 Rally memiliki suspensi depan 43mm Inverted Front Fork Showa.