Honda CBR1000RR-R SP Fireblade model year 2024. Honda
Honda CBR1000RR-R SP Fireblade model year 2024. Honda

Honda CBR1000RR-R Fireblade Terbaru Tawarkan Sensasi Motor MotoGP

Ekawan Raharja • 26 September 2024 10:33
Jakarta: PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi melakukan pembaruan di motor supersport, CBR1000RR-R Fireblade, yang menawarkan performa tingkat tinggi dan sensasi berkendara layaknya motor MotoGP. Kuda besi ini hadir untuk memenuhi kebutuhan para penggemar motor sport berperforma tinggi di Indonesia, dengan teknologi mutakhir yang mendekati pengalaman berkendara di lintasan balap.
 
CBR1000RR-R Fireblade terbaru mempertahankan filosofi Total Control, ciri khas dari model ini, dan kemudian dipadukan dengan pembaruan desain dan teknologi canggih. Perubahan tersebut dirancang untuk meningkatkan performa sekaligus memberikan kenyamanan maksimal bagi pengendara, menjadikannya salah satu pilihan terbaik di kelas motor supersport.
 
Dengan fitur-fitur yang mengadopsi teknologi balap, CBR1000RR-R Fireblade dikenal sebagai Street-Legal MotoGP Bike. Beberapa teknologi unggulan seperti Throttle by Wire, pilihan mode berkendara, serta sistem pengereman dan suspensi kelas dunia dirancang untuk memberikan pengendara pengalaman yang mendekati sensasi mengendarai motor balap MotoGP.

Aerodinamika dan Desain Baru

Salah satu pembaruan yang paling menonjol pada model terbaru ini adalah peningkatan aerodinamika dengan tambahan winglet baru. Winglet ini dirancang untuk menghasilkan downforce lebih besar, yang meningkatkan stabilitas saat pengereman dan memberikan cengkeraman lebih konsisten di bagian depan, terutama saat melewati tikungan berkecepatan tinggi.
 
Baca Juga:
Optimalkan Fitur Y-Shift Nmax Turbo di Jalur Epik Loksado, Xmax Megap-Megap?


Desain fairing bawah juga mengalami perubahan signifikan untuk mengurangi aliran udara di sekitar ban belakang, yang berdampak pada peningkatan handling motor di berbagai situasi. Desain baru ini menawarkan kestabilan lebih baik pada kecepatan tinggi dan mengurangi hambatan angin, baik saat akselerasi maupun menikung.
 
Selain itu, tangki bahan bakar telah didesain ulang agar lebih ergonomis, memberikan cengkeraman lutut yang lebih baik bagi pengendara, sekaligus meningkatkan kapasitas bahan bakar untuk menempuh jarak lebih jauh tanpa sering mengisi ulang.
 
"Berbagai ubahan terbaru kami yakini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan menantang, baik di jalan raya maupun sirkuit. Layanan premium kami melalui jaringan Honda Big Wing juga siap mendukung para pengguna CBR1000RR-R Fireblade dengan pengalaman purna jual terbaik," ujar Direktur Marketing AHM, Octavianus Dwi, melalui keterangan resmi.

Performa Mesin Tinggi dan Fitur Canggih

Motor seharga Rp798 juta (on the road, Jakarta) ini dibekali mesin DOHC 4-silinder inline berkapasitas 999,9 cc, dengan tenaga maksimal 214,5 daya kuda @ 14.000 rpm dan torsi 113 Nm @ 12.000 rpm. Peningkatan kompresi mesin dari 13,4:1 menjadi 13,6:1 memberikan peningkatan performa signifikan, sementara konfigurasi Bore x Stroke yang sama dengan motor balap RC213V, yaitu 81 x 48,5 mm, memastikan performa tinggi yang konsisten.
 
Baca Juga:
Tahun Depan, MG Sudah Siapkan 1 Model SUV Baru

 
Fitur Throttle by Wire terbaru, yang kini menggunakan dua motor, memastikan respons akselerasi lebih presisi dan kontrol yang lebih mulus saat mengendalikan tenaga mesin maupun engine braking. Teknologi ini sangat membantu pengendara untuk menghadapi berbagai kondisi jalan, baik dalam akselerasi maupun deselerasi.
 
Dari sisi suspensi, CBR1000RR-R Fireblade mengusung suspensi Showa Adjustable yang menawarkan kenyamanan sekaligus pengaturan yang fleksibel, sesuai kebutuhan pengendara. Sistem pengereman juga ditingkatkan dengan kaliper Nissin dan cakram besar, serta Anti-Lock Braking System (ABS) yang memiliki tiga mode: Sport, Track, dan Standard, untuk penggunaan di jalan raya maupun sirkuit.
 
Untuk menjaga kestabilan saat menikung dan pada kecepatan tinggi, motor ini dilengkapi dengan sensor Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis serta Honda Electronic Steering Damper (HESD), yang menawarkan tiga mode pengaturan: hard, medium, dan soft.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan