Jakarta: Ide penyematan fitur airbag di sepeda motor sudah lama dicetuskan. Dari sekian banyak pabrikan, Honda tampaknya menjadi produsen yang terdepan untuk segera mengaplikasikannya di motor buatan mereka.
Berbeda dengan mobil, yang ada banyak ruang kosong di dasbor, pilar samping, dan kursi untuk menyimpan airbag dan perangkan inflasi, dan motor hampir tidak ada ruang seperti itu.
Menurut laporan Visordown, sebuah paten dari pabrikan asal Jepang itu menunjukan desain airbag di sepeda motor. Letaknya berada di area depan, tersembunyi di bawah setang motor.
Sistem baru yang dipatenkan raksasa roda dua asal Jepang ini, adalah airbag kecil yang kompak dan dapat dipasang di bagian depan bodi motor kecil ataupun skuter.
Cara Kerja Airbag di Motor
Cara kerjanya seperti biasa, saat sistem mendeteksi kecelakaan, gas terkompresi dan akan mengeluarkan kantung udara untuk melindungi pengendara dari dampak keras tabrakan.
Desain inovatif ini harus tetap andal setelah bertahun-tahun tidak digunakan, mampu menahan benturan setelah kantungnya "lepas", dan tetap ekonomis. Jika desain ini berhasil diproduksi, airbag canggih ini akan menjadi terobosan besar dalam keselamatan berkendara motor.
Kira-kira model sepeda motor mana yang akan perdana mendapatkan fitur airbag?
Jakarta: Ide penyematan fitur
airbag di
sepeda motor sudah lama dicetuskan. Dari sekian banyak pabrikan, Honda tampaknya menjadi produsen yang terdepan untuk segera mengaplikasikannya di
motor buatan mereka.
Berbeda dengan mobil, yang ada banyak ruang kosong di dasbor, pilar samping, dan kursi untuk menyimpan airbag dan perangkan inflasi, dan motor hampir tidak ada ruang seperti itu.
Menurut laporan Visordown, sebuah paten dari pabrikan asal Jepang itu menunjukan desain airbag di sepeda motor. Letaknya berada di area depan, tersembunyi di bawah setang motor.
Sistem baru yang dipatenkan raksasa roda dua asal Jepang ini, adalah airbag kecil yang kompak dan dapat dipasang di bagian depan bodi motor kecil ataupun skuter.
Cara Kerja Airbag di Motor
Cara kerjanya seperti biasa, saat sistem mendeteksi kecelakaan, gas terkompresi dan akan mengeluarkan kantung udara untuk melindungi pengendara dari dampak keras tabrakan.
Desain inovatif ini harus tetap andal setelah bertahun-tahun tidak digunakan, mampu menahan benturan setelah kantungnya "lepas", dan tetap ekonomis. Jika desain ini berhasil diproduksi, airbag canggih ini akan menjadi terobosan besar dalam keselamatan berkendara motor.
Kira-kira model sepeda motor mana yang akan perdana mendapatkan fitur airbag?
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)