Bangkok: PT Pertamina Lubricants, melalui anak perusahaannya Pertamina Lubricants (Thailand) Co.,Ltd. (PLT), terus memperkuat pangsa pasar di Thailand untuk bisa menyalurkan lebih banyak pelumas. Langkah ini didukung dengan menggandeng Iyara Energy Group Co.,Ltd. sebagai salah satu distributor yang akan fokus pada distributorship pelumas kendaraan roda dua/two wheels (2W).
Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan kontrak kerjasama distributorship antara kedua belah pihak di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PLT, Darwin Harianja, dan Chairman Iyara Energy Group Co.,Ltd. Sasithorn Nontleeraksa, serta disaksikan langsung oleh Duta Besar Indonesia Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand Rachmat Budiman.
Pelumas buatan Indonesia telah hadir di Thailand sejak lima tahun lalu ketika PLT resmi berdiri sebagai anak perusahaan dan memiliki tiga distributor yang fokus pada segmen yang berbeda-beda antara lain segmen retail 4W dan industri.
“Thailand merupakan negara dengan pasar pelumas yang terus tumbuh dan memikat. Sebagai induk, kami terus mendorong PLT untuk lebih agresif di tengah persaingan yang ketat. Dengan adanya anak perusahaan PLT di Thailand, maka pelumas kita semakin dekat dengan pasar dan konsumen di Negara Gajah Putih ini, "ungkap Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, Andria Nusa, melalui keterangan resminya.
PLT berkomitmen untuk terus adaptif dengan permintaan pasar serta terus mengutamakan Local Responsiveness dalam menghadirkan produk pelumas ke konsumen dan masyarakat. Setelah sukses dengan pelumas 4W dan produk pelumas industri, PLT mengincar potensi pasar segmen 2W dengan memasarkan merek Enduro.
Pertumbuhan pasar pelumas 2W di Thailand terus menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun, dan merupakan segmen yang paling sedikit terpengaruh oleh pandemi. Seperti di Negara ASEAN atau Indochina lainnya, Pasar 2W sangat tahan terhadap krisis.
"Dengan partnership atau kemitraan lokal ini maka kami optimis akan terus tumbuh di pasar internasional. Kami berharap produk pelumas kami dapat memenuhi kebutuhan konsumen lokal dan Pertamina dapat terus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Thailand," tutup Andria.
Pada awal tahun 2015, PLT sudah memproduksi dan mendistribusikan produk pelumas industri untuk berbagai sektor usaha meliputi agrobisnis dengan produk pelumas unggulan yakni Meditran SXT 15W-40 API CI-4 Plus, Turalik 52 ISO VG 68. Selanjutnya pada tahun 2016, PLT secara resmi telah melakukan pengiriman perdana (first shipment) produk pelumas Turalik ke salah satu rekanannya di Thailand yakni TGI Import Export Co.,Ltd. serta memproduksi pelumas industri lainnya guna memenuhi kebutuhan di berbagai sektor usaha di Thailand.
Selain itu, PLT juga telah resmi memproduksi serta memasarkan varian-varian pelumas untuk segmen otomotif 4W seperti Fastron Series yakni Fastron Gold 5W-30 API SN; Fastron Techno 10W-40 API SN; dan Fastron Diesel Gold 10W30 CI4.
Bangkok: PT Pertamina Lubricants, melalui anak perusahaannya Pertamina Lubricants (Thailand) Co.,Ltd. (PLT), terus memperkuat pangsa pasar di Thailand untuk bisa menyalurkan lebih banyak pelumas. Langkah ini didukung dengan menggandeng Iyara Energy Group Co.,Ltd. sebagai salah satu distributor yang akan fokus pada distributorship pelumas kendaraan roda dua/two wheels (2W).
Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan kontrak kerjasama distributorship antara kedua belah pihak di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PLT, Darwin Harianja, dan Chairman Iyara Energy Group Co.,Ltd. Sasithorn Nontleeraksa, serta disaksikan langsung oleh Duta Besar Indonesia Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand Rachmat Budiman.
Pelumas buatan Indonesia telah hadir di Thailand sejak lima tahun lalu ketika PLT resmi berdiri sebagai anak perusahaan dan memiliki tiga distributor yang fokus pada segmen yang berbeda-beda antara lain segmen retail 4W dan industri.
“Thailand merupakan negara dengan pasar pelumas yang terus tumbuh dan memikat. Sebagai induk, kami terus mendorong PLT untuk lebih agresif di tengah persaingan yang ketat. Dengan adanya anak perusahaan PLT di Thailand, maka pelumas kita semakin dekat dengan pasar dan konsumen di Negara Gajah Putih ini, "ungkap Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, Andria Nusa, melalui keterangan resminya.
PLT berkomitmen untuk terus adaptif dengan permintaan pasar serta terus mengutamakan Local Responsiveness dalam menghadirkan produk pelumas ke konsumen dan masyarakat. Setelah sukses dengan pelumas 4W dan produk pelumas industri, PLT mengincar potensi pasar segmen 2W dengan memasarkan merek Enduro.