Bogor: Motor bertransmisi otomatis saat ini cukup dominan berada di jalan raya, bahkan sekarang semua segmen sudah terpenuhi dengan kehadiran motor bertransmisi otomatis. Salah satunya di segmen dual purposes atau adventure bukan hanya sepeda motor berkapasitas mesin besar, namun juga motor berkapasitas mesin kecil pun sekarang sudah ada.
Salah satunya Suzuki yang beberapa waktu lalu meluncurkan Nex Crossover. Motor yang mengambil basis dari Nex II Cross ini, sebenarnya hanya penambahan fitur dan memperkaya penampilannya agar lebih kekinian. Dimensi kompak yang membuatnya cocok dikendarai semua kalangan pun menjadi salah satu yang diandalkan oleh Suzuki.
Enjoy Buat Aktivitas Garuk Tanah
Awalnya, tester rider Medcom.id sempat sangsi soal kemampuannya melalui jalur-jalur semi offroad dengan baik. Meski memiliki ground clearance tertinggi di kelasnya yaitu 150 mm, namun rasanya itu masih membuat sedikit ragu. Hingga saatnya tiba sesi untuk melakukan pengetesan itu dan motor ini mampu melaluinya dengan baik.
Meski tak menggunakan ban khusus untuk aktifitas offroad, namun performanya masih cukup mumpuni, terutama dalam kondisi jalan kering. Sistem peredaman suspensinya terbilang baik untuk tipe motor berdimensi kompak seperti ini. Sementara setup suspensi untuk jalan aspal sudah pas. Walau terbilang cukup tinggi, motor ini tetap terasa rigid.
Bagian kaki-kaki juga dibekali dengan ban dengan karakter dual purposes, sama dengan versi Nex II Cross dari IRC. Yaitu dengan ukuran 80/90-14 untuk bagian depan dan 90/90-14 di bagian belakang. Dengan tipe tubeless, ban ini tentu memberikan tingkat rigid lebih baik saat berada di jalan aspal.
Sayangnya untuk kapasitas penyimpanan bagasi masih cukup minim. Namun kompartemen penyimpanan cukup banyak di bagian depan.
Banyak Ubahan Baru
Perubahan baru yang paling tampak jelas adalah penggunaan Naked Handle Bar yang memiliki peran utama dalam meningkatkan ergonomi dan kenyamanan posisi berkendara. Hal inilah yang membuat efek visual yang lebih maskulin serta kokoh.
Hal baru berikutnya yang menjadi lebih menarik adalah Digital Instrument Cluster yang kini lebih modern, informatif dan dibalut bentuk yang tangguh. Di dalam layarnya, pengendara dapat membaca kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, voltase baterai, indikator sistem FI, indikator lampu, serta petunjuk waktu.
Kenyamanan pengendara dan penumpang juga didukung oleh lapisan jok dengan kombinasi warna dual-tone yang baru, lebih atraktif dan tidak membosankan. Motor ini tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu Stronger Red-Titan Black dan Solid Black. Desain striping baru dan penggunaan aksen merah pada brake caliper dan rear spring memberikan aksen unik dan dinamis.
Dengan segala perubahan dan pengembangan harga yang ditawarkan terbilang masih cukup murah dengan Rp 17.990.000 (on the road DKI Jakarta). Berbicara tentang rivalitas, paling dekat adalah Honda Beat Street dengan kapasitas mesin 110 cc. Sementara di atasnya ada Yamaha X-Ride dengan kapasitas mesin 125 cc.
Bagian kaki-kaki juga dibekali dengan ban dengan karakter dual purposes, sama dengan versi Nex II Cross dari IRC. Yaitu dengan ukuran 80/90-14 untuk bagian depan dan 90/90-14 di bagian belakang. Dengan tipe tubeless, ban ini tentu memberikan tingkat rigid lebih baik saat berada di jalan aspal.
Sayangnya untuk kapasitas penyimpanan bagasi masih cukup minim. Namun kompartemen penyimpanan cukup banyak di bagian depan.

Banyak Ubahan Baru
Perubahan baru yang paling tampak jelas adalah penggunaan Naked Handle Bar yang memiliki peran utama dalam meningkatkan ergonomi dan kenyamanan posisi berkendara. Hal inilah yang membuat efek visual yang lebih maskulin serta kokoh.
Hal baru berikutnya yang menjadi lebih menarik adalah Digital Instrument Cluster yang kini lebih modern, informatif dan dibalut bentuk yang tangguh. Di dalam layarnya, pengendara dapat membaca kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, voltase baterai, indikator sistem FI, indikator lampu, serta petunjuk waktu.
Kenyamanan pengendara dan penumpang juga didukung oleh lapisan jok dengan kombinasi warna dual-tone yang baru, lebih atraktif dan tidak membosankan. Motor ini tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu Stronger Red-Titan Black dan Solid Black. Desain striping baru dan penggunaan aksen merah pada brake caliper dan rear spring memberikan aksen unik dan dinamis.
Dengan segala perubahan dan pengembangan harga yang ditawarkan terbilang masih cukup murah dengan Rp 17.990.000 (on the road DKI Jakarta). Berbicara tentang rivalitas, paling dekat adalah Honda Beat Street dengan kapasitas mesin 110 cc. Sementara di atasnya ada Yamaha X-Ride dengan kapasitas mesin 125 cc.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)