Jakarta: Keikutsertaan sejumlah pabrikan di MotoGP dibarengi dengan riset untuk menghadirkan teknologi baru yang bisa diterapkan untuk motor di jalan raya. Ducati juga tidak ketinggalan melakukan riset gearbox dengan menurunkan teknologi di MotoGP untuk diproduksi massal.
Jenama asal Italia ini sedang mengembangkan seamless shift gearbox yang bisa digunakan untuk motor-motor yang berada di jalanan. Mereka sedang meracik bagaimana teknologi ini bisa cocok, baik dari segi ukuran, biaya, dan berat.
Seamless shift gearbox yang dikembangkan Ducati ini sebenarnya mirip dengan dual-clutch transmission yang sudah digunakan oleh Honda. Bahkan pabrikan asal Jepang itu sudah mengaplikasikan di model Africa Twin, namun ini memiliki kendala cukup rumit dan lebih cocok untuk digunakan motor touring dibandingkan motor berperforma tinggi.
Selain itu, tim pabrikan lainnya juga memiliki teknologi serupa yang sudah digunakan di MotoGP. Mereka urun membawanya ke motor produksi massal karena biayanya yang tinggi dan tentu akan berpengaruh terhadap harga jual motornya.
Kembali ke Ducati, seamless shift gearbox yang dikembangkan ini berbeda dengan sistem dual-clutch transmission yang menganut kopling ganda. Namun gearbox ini akan menggunakan kombinasi roller bearing yang dapat terkunci.
Mengingat sistem yang digunakan berbeda, diharapkan sistem ini lebih sederhana dan murah dari segi biaya. Sehingga teknologi ini juga lebih mudah untuk diterapkan di motor-motor jalan raya.
Penerapan seamless shift gearbox ini akan membuat transmisi melakukan perpindahan gigi, tanpa adanya jeda yang membuat penyaluran tenaga tidak maksimal. Teknologi ini berbeda denga quickshiter, bahkan benar-benar mulus tanpa adanya hentakan.
Merek yang berada di bawah grup Volkswagen ini sudah membocorkan sejumlah gambar sistem mekanisnya. Kira-kira kapan teknologi ini akan disematkan?
Jakarta: Keikutsertaan sejumlah pabrikan di MotoGP dibarengi dengan riset untuk menghadirkan teknologi baru yang bisa diterapkan untuk motor di jalan raya. Ducati juga tidak ketinggalan melakukan riset gearbox dengan menurunkan teknologi di MotoGP untuk diproduksi massal.
Jenama asal Italia ini sedang mengembangkan seamless shift gearbox yang bisa digunakan untuk motor-motor yang berada di jalanan. Mereka sedang meracik bagaimana teknologi ini bisa cocok, baik dari segi ukuran, biaya, dan berat.
Seamless shift gearbox yang dikembangkan Ducati ini sebenarnya mirip dengan dual-clutch transmission yang sudah digunakan oleh Honda. Bahkan pabrikan asal Jepang itu sudah mengaplikasikan di model Africa Twin, namun ini memiliki kendala cukup rumit dan lebih cocok untuk digunakan motor touring dibandingkan motor berperforma tinggi.
Selain itu, tim pabrikan lainnya juga memiliki teknologi serupa yang sudah digunakan di MotoGP. Mereka urun membawanya ke motor produksi massal karena biayanya yang tinggi dan tentu akan berpengaruh terhadap harga jual motornya.
Kembali ke Ducati, seamless shift gearbox yang dikembangkan ini berbeda dengan sistem dual-clutch transmission yang menganut kopling ganda. Namun gearbox ini akan menggunakan kombinasi roller bearing yang dapat terkunci.