Lampu Yamaha Nmax Turbo jadi perdebatan lantaran dianggap cukup tipis, namun semuanya punya aturan. medcom-uda
Lampu Yamaha Nmax Turbo jadi perdebatan lantaran dianggap cukup tipis, namun semuanya punya aturan. medcom-uda

Pro-Kontra Lampu LED di Nmax Turbo, Wajib Paham Ini

Ahmad Garuda • 27 September 2024 20:44
Jakarta - Soal desain lampu untuk sebuah kendaraan, memang sangat relatif tergantung dari mana orang menilainya. Namun soal pencahayaan yang dihasilkan, tentu tidak boleh sembarangan. Mengingat untuk kondisi pencahayaan standar jika berlebihan tentu akan mengganggu pengendara lain. 
 
Seperti pada Yamaha Nmax Turbo yang beberapa di antara penggunanya memperdebatkan soal itu. Ada yang menganggap bahwa rentang pencahayaan terlalu tipis sehingga dianggap tidak optimal digunakan berkendara saat malam hari. Namun beberapa pengendara juga justru merasa terbantu dengan sistem pencahayaan di motor yang dilengkapi dengan Yamaha Electric CVT (YECVT) itu. 
 
Lantaran meski terlihat tipis rentang pencahayannya, namun cukup fokus dan lebar. Kondisi ini membuat pengendara bisa melihat lebih detail situasi jalanan yang ada di depannya. 

"Sistem penerangan pada motor ini sudah menggunakan full LED juga menjadi nilai tambah saat melakukan touring. Terlebih lampu depan motor kini telah mengadopsi Dual Projector Lamp yang lebih fokus, terang dan awet sehingga sangat membantu saat riding di malam hari," ujar Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Rifki Maulana lewat keterangan persnya.
 
Baca Juga:
Porsche Patenkan Mesin 6-Tak: Bagaimana Cara Kerjanya?

 
Hal ini juga diakui oleh Marketing Alternative Channel SPN, Andre Chrispian produsen lampu Autovision yang terkenal dengan produk lampu LED Projector. Andre mengatakan beberapa waktu lalu bahwa lampu kendaraan juga ada aturannya, tidak boleh membahayakan pengendara lainnya. 
 
"Ada regulasi yang harus tetap dipenuhi, mengingat jika cahayanya terang, fokus seperti itu dan rentangnya lebar, tentu ada faktor yang dipertimbangkan. Kami di Autovision juga punya divisi untuk riset, ada rentang cahaya yang ditentukan agar terang buat penggunanya tapi tidak membuat silau pengendara dari arah berlawanan," papar Andre Chrispian. 
 
Saat ini regulasi pemerintah yang mengatur tentang pencahayaan di kendaraan adalah Pasal 23 Peraturan Pemerintah (PP) No. 55 Tahun 2012 mengacu pada Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Pasal 48 ayat 3 mengenai sistem lampu dan pemantul cahaya. Namun sayangnya, regulasi ukuran terang saat ini masih tetap mengacu dari hasil tes di laboratorium masing-masing produsen lampu. 
 
Namun buat Anda yang merasa rentang cahaya di Nmax Turbo-nya terlalu tipis dan ingin ada tambahan untuk bagian yang lebih dekat ke motor, bisa menambahkan lampu seperti mini projie. Sebaiknya menggunakan lampu kuning agar bisa juga berfungsi sebagai penerangan yang bisa menembus kondisi hujan lebat dan area berkabut. 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan