Alex Rins menjadi salah satu pembalap andalan Suzuki Ecstar Team di MotoGP 2022. Suzuki
Alex Rins menjadi salah satu pembalap andalan Suzuki Ecstar Team di MotoGP 2022. Suzuki

Balap Motor

Suzuki Mundur MotoGP Diindikasikan karena Masalah Finansial

Otomotif motogp balap motor Suzuki Motor Suzuki Ecstar
Ekawan Raharja • 04 Mei 2022 17:00
Jakarta: Suzuki digosipkan akan mundur dari MotoGP di akhir musim 2022 ini. Meski belum ada pernyataan resmi dari pihak pabrikan, namun banyak pihak berspekulasi ini dikarenakan masalah finansial.
 
Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini ditenggarai berpengaruh terhadap keuangan pabrikan asal Jepang tersebut. Terlebih mereka juga harus menyiapkan investasi untuk keperluan riset kendaraan listrik.
 
Kemudian untuk selama balapan, tim Suzuki Ecstar mendapatkan sponsor utama oli Ecstar di mana ini masih unit usaha dari Suzuki. Sebagai pembanding, Yamaha didukung oleh Monster atau Honda didukung oleh Repsol.

Besarnya Biaya Operasional MotoGP

MotoGP sebagai balapan top kelas dunia jelas tidak murah biaya operasionalnya. Jelas membutuhkan biaya miliaran untuk mengikuti balapan ini, seperti dikutip dari Laman Box Repsol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mulai dari mesin motor saja, dibutuhkan biaya EUR 200 ribu - 250 ribu atau kalau dirupiahkan setara Rp3 - 3,8 miliar. Sedangkan tim pabrikan umumnya menghabiskan biaya 3 juta euro atau setara Rp 45,8 miliar untuk pengembangan motor.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif