Michelin Power Slick menjadi ban andalan para pembalap MotoGP di trek kering. Michelin
Michelin Power Slick menjadi ban andalan para pembalap MotoGP di trek kering. Michelin

Teknologi Otomotif

Menguliti Teknologi Ban yang Digunakan MotoGP 2021

Otomotif motogp teknologi otomotif michelin
Ekawan Raharja • 01 Agustus 2021 09:00
 
Ban untuk balap memiliki konstruksi yang disesuaikan dengan kondisi aspal di sirkuit. Slick tyre untuk ban belakang yang baru memiliki konstruksi yang lebih linear membuat kontak sentuh dengan aspal lebih baik. Konstruksi ban yang diciptakan membuat ban dapat terdeformasi lebih baik dalam menghadapi tikungan dan kondisi motor miring dengan menghasilkan cengkraman yang kuat. Kondisi ini dapat meningkatkan performa motor dan pembalap saat perlombaan berlangsung.
 
Menurut Manajer Michelin Motorsport, Piero Taramasso, konstruksi ban baru yang pertama dihadirkan di MotoGP 2020 membuat traksi ban menjadi lebih besar saat menggunakan gas untuk keluar tikungan, dan lebih memaksimalkan kemampuan motor saat berpacu di lintasan dibanding MotoGP musim lalu.
 
Selain itu, teknologi yang terdapat pada ban dapat memungkinkan deteksi otomatis jenis komponen ban yang digunakan saat balapan dan informasi ini menggunakan teknologi nirkabel yang tersedia untuk pembalap dan tim.
 
Untuk dapat menghasilkan performa yang optimal, ban harus dijaga pada suhu ideal dengan disimpan di kotak penghangat dengan suhu kurang lebih 90°C sebelum ban menyentuh lintasan. Karena temperatur ideal ban depan adalah 100°C sementara ban belakang 120°C atau lebih.
 
Menurut Piero Taramasso, sebelum digunakan, ban ditutupi dengan tyre warmer untuk menjaga suhu ban tetap di level bawah dari rentang penggunaan optimalnya.
 
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif