Jakarta: Tren sepeda motor klasik di Indonesia belakangan ini kian meningkat dan menjadi buruan para bikers dan dan kolektor. Salah satu yang menjadi incaran para kolektor adalah Honda S90 yang sudah berumur puluhan tahun.
S90 ini merupakan singkatan dari Super90 atau di luar negeri dikenal sebagai Sport90, jauh sebelum era Honda CB meramaikan pasar Indonesia. Motor ini diproduksi di tahun 1964 hingga tahun 1969 oleh Federal Motor atau sekarang dikenal sebagai Astra Honda Motor, dan menjadi lawan untuk Suzuki A100 dan Yamaha L2G
Desainnya tergolong cukup unik dan mudah dikenali karena tergolong cukup slim dan memiliki tangki seperti biji nangka. Kemudian di bagian tangki terdapat karet untuk melindungi kaki dan tangki motor tidak lecet. Sisi unik lain dari motor ini adalah penggunaan material besi berlapis krom di bagian spakbor.
Selain itu, desain mesin dibuat dengan konfigurasi horizontal seperti motor bebek. Sesuai namanya S90, motor ini dibekali dengan mesin 90 cc silinder tunggal OHC dan mengusung pendingin udara. Catatan resmi pabrikan, tenaga yang dihasilkan 8 daya kuda dan torsi 6,2 Nm.
Di tahun tersebut, motor tersebut masih menggunakan kunci untuk menghidupkan mesin. Hanya saja lokasi lubang knci ini berada di bawah tangki bensin, bukan di tengah stang seperti motor sport umumnya sekarang ini.
Selepas tahun 1969, pabrikan asal Jepang tersebut kemudian menghadirkan penerus S90 yaitu S90Z. S90Z disebut sebagai motor pertama yang dirakit Honda di Indonesia. Produksi pertama kali dimulai pada 1971 hingga 1975, dan di tahun pertamanya motor tersebut diproduksi sebanyak 1.500 unit.
Soal harga, tentu tidak ada harga pasti untuk S90 kali ini karena semua tergantung kondisi. Namun untuk kondisi yang baik dan layak pakai, S90 ditawarkan dengan harga tembus di Rp15 juta.
Jakarta: Tren sepeda motor klasik di Indonesia belakangan ini kian meningkat dan menjadi buruan para bikers dan dan kolektor. Salah satu yang menjadi incaran para kolektor adalah Honda S90 yang sudah berumur puluhan tahun.
S90 ini merupakan singkatan dari Super90 atau di luar negeri dikenal sebagai Sport90, jauh sebelum era Honda CB meramaikan pasar Indonesia. Motor ini diproduksi di tahun 1964 hingga tahun 1969 oleh Federal Motor atau sekarang dikenal sebagai Astra Honda Motor, dan menjadi lawan untuk Suzuki A100 dan Yamaha L2G
Desainnya tergolong cukup unik dan mudah dikenali karena tergolong cukup slim dan memiliki tangki seperti biji nangka. Kemudian di bagian tangki terdapat karet untuk melindungi kaki dan tangki motor tidak lecet. Sisi unik lain dari motor ini adalah penggunaan material besi berlapis krom di bagian spakbor.
Selain itu, desain mesin dibuat dengan konfigurasi horizontal seperti motor bebek. Sesuai namanya S90, motor ini dibekali dengan mesin 90 cc silinder tunggal OHC dan mengusung pendingin udara. Catatan resmi pabrikan, tenaga yang dihasilkan 8 daya kuda dan torsi 6,2 Nm.
Di tahun tersebut, motor tersebut masih menggunakan kunci untuk menghidupkan mesin. Hanya saja lokasi lubang knci ini berada di bawah tangki bensin, bukan di tengah stang seperti motor sport umumnya sekarang ini.