Varian terbaru hadir dengan opsi Matte Ballistic Black Metallic yang full hitam dengan aksen abu-abu dan merah yang vibes-nya makin agresif. Sementara opsi Tricolor—merah, biru, putih—tetap dipertahankan sebagai signature visual bagi para loyalis.
Honda menyebut penyegaran ini sengaja digarap untuk menyelaraskan karakter motor yang hardcore dengan lifestyle para penggunanya yang butuh kendaraan tangguh untuk turing jauh, aspal maupun off-road.
Marketing Director AHM Octavianus Dwi menegaskan kehadiran update ini adalah respons atas aspirasi pengguna.
“CRF1100L Africa Twin terbaru menjadi pilihan konsumen untuk melengkapi gaya hidup berkendara, terutama bagi mereka yang menyukai petualangan sejati. Performa tangguh dan fitur yang berlimpah dipastikan dapat memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dalam menghadapi medan on-road ataupun off-road" ujar Octa melalui keterangan resminya
Baca Juga:
Gadai BPKB Sudah Biasa, Kenapa STNK Tak Bisa?
Mesin Bertenaga, Mode Berkendara Lebih Fleksibel
CRF1100L Africa Twin ditenagai mesin 1.080 cc 4 stroke SOHC yang kini dikalibrasi untuk menghasilkan tenaga maksimal 100,577 daya kuda @ 7.500 rpm dan torsi puncak 112 Nm @ 5.500 rpm. Rasio kompresi ikut naik menjadi 10,5:1, bikin respons tenaga makin solid di seluruh rentang rpm.Riding mode tetap membawa konfigurasi 4+2 yang adaptif—Tour, Urban, Gravel, dan Off-road—plus dua mode custom yang bisa dikurasi sendiri oleh pengendara sesuai terrain dan riding style.
Suspensi Elektronik EERA, Handling Lebih Presisi
Pembaruan signifikan ada di suspensi depan yang kini memakai Electronically Equipped Ride Adjustment (EERA). Fitur ini memungkinkan rider memilih setelan preload secara elektronik sesuai kebutuhan: solo riding, tandem, atau bawa bagasi. Setup ini dirancang buat mengoptimalkan ride comfort dan stability di berbagai skenario perjalanan.Desain jok dan tangki ramping berkapasitas 18,8 liter ikut menunjang agility saat melibas jalur off-road. Secara visual, fascia depan dibuat makin garang dengan desain rally style yang on point.
Sasis, Kontrol Traksi, dan IMU 6-Axis
CRF1100L Africa Twin tetap membawa DNA handling yang memadukan stabilitas touring, kelincahan harian, dan kapabilitas off-road. Sistem Honda Selectable Torque Control (HSTC) menawarkan tujuh level kontrol, ditambah tiga level Wheelie Control dan Cornering ABS untuk meningkatkan safety envelope.Baca Juga:
Mau Berburu Low SUV Bekas? Cek Dulu Harga Suzuki XL7
Motor ini juga memakai Inertial Measurement Unit (IMU) enam poros yang memonitor pengereman, cornering, dan akselerasi untuk output handling yang makin natural dan predictable.
Teknologi Digital Lengkap
Layarnya mengusung panel meter full digital TFT 6,5 inci yang sudah touch screen, kompatibel dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Semua informasi berkendara, mulai riding mode hingga temperatur, bisa diatur dan diakses secara intuitif.Windscreen bisa disetel dalam lima level, memastikan visibilitas optimal tanpa mengorbankan aerodinamika saat turing jauh.
DCT Lebih Pintar, Plus G-Switch
Transmisi Dual Clutch Transmission (DCT) hadir dengan dua mode: Mode D untuk efisiensi dan kenyamanan, dan Mode S untuk karakter berkendara lebih sporty. Ada juga mode manual bagi rider yang ingin kontrol penuh. Fitur G-Switch memberikan torsi lebih nendang di rpm rendah untuk tantangan off-road, sementara cornering detect memastikan perpindahan gigi tetap natural saat melibas tikungan.Harga dan Ketersediaan
AHM memasarkan CRF1100L Africa Twin dengan pilihan warna Matte Ballistic Black Metallic dan Tricolor seharga Rp 647.542.000 (on the road DKI Jakarta). Model ini tersedia di seluruh jaringan Honda Big Wing di sembilan kota di Indonesia.Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id