Jakarta - Diluncurkannya Nmax Turbo beberapa waktu lalu, kian menjadi pembahasan di dunia maya. Selain karena sistem Yamaha Electric CVT (YECVT) yang berbeda dari sistem CVT konvensional, juga karena banyak ubahan di sektor mesin. Salah satu perubahan signifikan pada mesin motor ini adalah jalur oli baru.
Pada mesin Gen-2, jalur oli hanya untuk menyuplai pelumasan di bagian Cylinder Head dan Cylinder Body saja, namun kini ditambah ke bagian Hydraulic Tensioner dan juga komponen YECVT Gear. Dengan adanya jalur oli baru ini, maka desain Crankcase menjadi berbeda dengan mesin Blue Core 155cc yang digunakan oleh skutik MAXi Yamaha lainnya.
"Hal ini yang menyebabkan ada perubahan dari sisi volume pelumas yang dibutuhkan. Lantaran sistem YECVT bergerak secara mekanis dan diatur secara elektronik, tentu butuh sistem pelumas agar tidak overheat dan bekerja dengan baik. Tak heran jika takaran pelumas yang dibutuhkan Nmax Turbo jadi 1 liter. Sementara untuk Nmax generasi 2 hanya butuh 900 ml karena tidak ada tambahan sistem mekanis di CVT-nya," ujar Assistant General Manager Marketing Public Relations PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro di Yamaha Mekar, Cibinong, Jawa Barat pekan lalu.
Lantaran sistem YECVT ini terhubung langsung dengan mesin, sehingga pergerakan pelumas ke ruang ini juga perlu di atur. Mengingat keduanya adalah komponen yang berbeda secara kinerja. Mesin bekerja untuk menciptakan tenaga, sementara YECVT bekerja untuk menyalurkan tenaga.
Ia juga menjelaskan bahwa dengan adanya sistem ini, tentu pengendara bisa lebih mengatur cara berkendaranya dan kebutuhannya. Sehingga motor ini sangat layak untuk digunakan dalam berbagai keperluan. Terpenting adalah mengerti bagaimana cara kerja sistem dan fitur-fitur yang ada di motor ini.
Saat ini peredaran pelumas untuk motor matic, memang tidak banyak yang memberikan kapasitas pelumas untuk 1 liter. Mengingat mayoritas motor matic hanya butuh 900 ml saja. Namun Yamaha memastikan dengan adanya produk anyar mereka ini, tentu produk pelumas mereka yaitu Yamalube juga sudah menyiapkan versi dengan jumlah 1 liter.
Jakarta - Diluncurkannya
Nmax Turbo beberapa waktu lalu, kian menjadi pembahasan di dunia maya. Selain karena sistem Yamaha Electric CVT (
YECVT) yang berbeda dari sistem
CVT konvensional, juga karena banyak ubahan di sektor mesin. Salah satu perubahan signifikan pada
mesin motor ini adalah jalur oli baru.
Pada mesin Gen-2, jalur oli hanya untuk menyuplai pelumasan di bagian Cylinder Head dan Cylinder Body saja, namun kini ditambah ke bagian Hydraulic Tensioner dan juga komponen YECVT Gear. Dengan adanya jalur oli baru ini, maka desain Crankcase menjadi berbeda dengan mesin Blue Core 155cc yang digunakan oleh skutik MAXi Yamaha lainnya.
"Hal ini yang menyebabkan ada perubahan dari sisi volume pelumas yang dibutuhkan. Lantaran sistem YECVT bergerak secara mekanis dan diatur secara elektronik, tentu butuh sistem pelumas agar tidak overheat dan bekerja dengan baik. Tak heran jika takaran pelumas yang dibutuhkan Nmax Turbo jadi 1 liter. Sementara untuk Nmax generasi 2 hanya butuh 900 ml karena tidak ada tambahan sistem mekanis di CVT-nya," ujar Assistant General Manager Marketing Public Relations PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro di Yamaha Mekar, Cibinong, Jawa Barat pekan lalu.
Lantaran sistem YECVT ini terhubung langsung dengan mesin, sehingga pergerakan pelumas ke ruang ini juga perlu di atur. Mengingat keduanya adalah komponen yang berbeda secara kinerja. Mesin bekerja untuk menciptakan tenaga, sementara YECVT bekerja untuk menyalurkan tenaga.
Ia juga menjelaskan bahwa dengan adanya sistem ini, tentu pengendara bisa lebih mengatur cara berkendaranya dan kebutuhannya. Sehingga motor ini sangat layak untuk digunakan dalam berbagai keperluan. Terpenting adalah mengerti bagaimana cara kerja sistem dan fitur-fitur yang ada di motor ini.
Saat ini peredaran pelumas untuk motor matic, memang tidak banyak yang memberikan kapasitas pelumas untuk 1 liter. Mengingat mayoritas motor matic hanya butuh 900 ml saja. Namun Yamaha memastikan dengan adanya produk anyar mereka ini, tentu produk pelumas mereka yaitu Yamalube juga sudah menyiapkan versi dengan jumlah 1 liter.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)