Jakarta – Banyak jadi perdebatan di dunia maya, kehadiran Yamaha Nmax Turbo diklaim jadi gimmick doang lantaran pakai kata-kata Turbo yang banyak dianggap oleh orang-orang seperti komponen turbo pada umumnya. Namun yang patut digarisbawahi adalah sensasi komponen turbo di motor ini.
Lalu seperti apa sensasi turbo yang diklaim oleh pabrikan tersebut di teknologi Yamaha Electric CVT di motor tersebut? Hari ini Medcom.id dan sebagian besar jurnalis otomotif nasional melihat langsung saat Yamaha membongkar sistem YECVT di Nmax Turbo. Lalu perbedaan apa yang terlihat kasat mata dan bagaimana cara kerja yang bisa terlihat langsung di komponen terbaru Nmax Turbo?
“Sejak diperkenalkan, banyak yang penasaran seperti apa teknologi YECVT di bagian mesin dan bagaimana cara kerjanya? Untuk menjawab hal itu dan sebagai bentuk edukasi Yamaha terhadap kehadiran teknologi canggih ini, Kami pun membuat kegiatan workshop bagi media yang membahas tuntas berbagai update pada Nmax Turbo. Termasuk benefit-nya dalam menghadirkan pengalaman berkendara di level tertinggi bagi konsumen,” ujar Asst. General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Antonius Widiantoro di Yamaha Mekar, Cibinong pada Jumat (21/6/2024).
Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT)
Perbedaan yang paling menonjol pada mesin Nmax Turbo adalah penggunaan teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional yang memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal. Sedangkan YECVT bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang meliputi Control Unit, Actuator serta beberapa Sensor yang mendapatkan garansi 2 tahun.
Berikut komponen dan fungsinya yang terlihat di YECVT:
* Transmission Control Unit (TCU) : Mengatur pergerakan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU)
* ECVT Motor : menggerakan Pulley Primary
* Sensor Motor Position (Primary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke Transmission Control Unit (TCU)
* Speed Sensor (Secondary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU
Sementara untuk kompenen penggerak YECVT sendiri, terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan juga Gear Reduction Driven yang seluruh komponen tersebut mendapatkan garansi 3 tahun. Diameter Pully juga di desain lebih besar 10mm, V-belt lebih lebar 0,8mm, dan Spring Secondary lebih panjang serta keras pada area CVT Nmax Turbo sehingga membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif.
YECVT Bikin Fitur Nambah
Dengan penambahan teknologi YECVT di motor ini, membuat skutik tersebut ikut dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung kualitas berkendara di level tertinggi. Di antaranya yaitu Riding Mode dengan 2 pilihan berkendara yang meliputi S-Mode (untuk perjalanan jarak jauh atau touring) dan T-Mode (untuk mobilitas perkotaan) serta Y-Shift yang membantu pengendara meningkatkan akselerasi ataupun deselerasi secara instan dalam 3 tingkatan, Low (1), Medium (2) dan High (3).
Pembaruan Mesin Biar Lebih Galak
Tidak hanya pada bagian desain dan fitur saja, perubahan besar juga menyasar area dapur pacu motor yang kini telah menggunakan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang mengadopsi teknologi YECVT. Sehingga mampu menghadirkan sensasi Turbo saat berkendara.
Menariknya lagi, penggunaan mesin anyar ini tidak hanya mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW / 8.000 rpm serta torsi maksimum yang naik menjadi 14,2 Nm / 6.500 rpm (Torsi pada model sebelumnya adalah 13.9 Nm / 6.500 Rpm), tetapi juga menyajikan beberapa fitur anyar, yakni Riding Mode dan juga Y-shift.
Jakarta – Banyak jadi perdebatan di dunia maya, kehadiran
Yamaha Nmax Turbo diklaim jadi gimmick doang lantaran pakai kata-kata
Turbo yang banyak dianggap oleh orang-orang seperti komponen turbo pada umumnya. Namun yang patut digarisbawahi adalah sensasi komponen turbo di
motor ini.
Lalu seperti apa sensasi turbo yang diklaim oleh pabrikan tersebut di teknologi Yamaha Electric CVT di motor tersebut? Hari ini Medcom.id dan sebagian besar jurnalis otomotif nasional melihat langsung saat Yamaha membongkar sistem YECVT di Nmax Turbo. Lalu perbedaan apa yang terlihat kasat mata dan bagaimana cara kerja yang bisa terlihat langsung di komponen terbaru Nmax Turbo?
“Sejak diperkenalkan, banyak yang penasaran seperti apa teknologi YECVT di bagian mesin dan bagaimana cara kerjanya? Untuk menjawab hal itu dan sebagai bentuk edukasi Yamaha terhadap kehadiran teknologi canggih ini, Kami pun membuat kegiatan workshop bagi media yang membahas tuntas berbagai update pada Nmax Turbo. Termasuk benefit-nya dalam menghadirkan pengalaman berkendara di level tertinggi bagi konsumen,” ujar Asst. General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Antonius Widiantoro di Yamaha Mekar, Cibinong pada Jumat (21/6/2024).
Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT)
Perbedaan yang paling menonjol pada mesin Nmax Turbo adalah penggunaan teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional yang memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal. Sedangkan YECVT bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang meliputi Control Unit, Actuator serta beberapa Sensor yang mendapatkan garansi 2 tahun.
Berikut komponen dan fungsinya yang terlihat di YECVT:
* Transmission Control Unit (TCU) : Mengatur pergerakan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU)
* ECVT Motor : menggerakan Pulley Primary
* Sensor Motor Position (Primary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke Transmission Control Unit (TCU)
* Speed Sensor (Secondary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU
Sementara untuk kompenen penggerak YECVT sendiri, terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan juga Gear Reduction Driven yang seluruh komponen tersebut mendapatkan garansi 3 tahun. Diameter Pully juga di desain lebih besar 10mm, V-belt lebih lebar 0,8mm, dan Spring Secondary lebih panjang serta keras pada area CVT Nmax Turbo sehingga membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif.
YECVT Bikin Fitur Nambah
Dengan penambahan teknologi YECVT di motor ini, membuat skutik tersebut ikut dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung kualitas berkendara di level tertinggi. Di antaranya yaitu Riding Mode dengan 2 pilihan berkendara yang meliputi S-Mode (untuk perjalanan jarak jauh atau touring) dan T-Mode (untuk mobilitas perkotaan) serta Y-Shift yang membantu pengendara meningkatkan akselerasi ataupun deselerasi secara instan dalam 3 tingkatan, Low (1), Medium (2) dan High (3).
Pembaruan Mesin Biar Lebih Galak
Tidak hanya pada bagian desain dan fitur saja, perubahan besar juga menyasar area dapur pacu motor yang kini telah menggunakan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang mengadopsi teknologi YECVT. Sehingga mampu menghadirkan sensasi Turbo saat berkendara.
Menariknya lagi, penggunaan mesin anyar ini tidak hanya mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW / 8.000 rpm serta torsi maksimum yang naik menjadi 14,2 Nm / 6.500 rpm (Torsi pada model sebelumnya adalah 13.9 Nm / 6.500 Rpm), tetapi juga menyajikan beberapa fitur anyar, yakni Riding Mode dan juga Y-shift.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)