ilustrasi penjualan sepeda motor. Daya Adicipta Motora
ilustrasi penjualan sepeda motor. Daya Adicipta Motora

Penjualan Motor

Rencana Indonesia Hentikan Penjualan Motor Konvensional Mulai 2040

Ekawan Raharja • 13 Oktober 2021 14:00
Jakarta: Pemerintah sudah berencana untuk mencapai net zero emission (NZE) pada tahun 2060. Bahkan dalam rencana tersebut diperkirakan motor konvensional akan mengalami kepunahan, dan disusul oleh kepunahan mobil konvensional.
 
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat ini sedang menyusun peta jalan (roadmap) demi menghadapi berbagai tantangan serta risiko perubahan iklim di masa mendatang. Salah satu target yang sedang dituju adalah komitmen bebas emisi gas buang.
 
"Transformasi menuju net zero emission menjadi komitmen bersama kita paling lambat 2060. Kami telah menyiapkan peta jalan transisi menuju energi netral mulai tahun 2021 sampai 2060 dengan beberapa strategi kunci," jelas Menteri ESDM, Arifin Tasrif, disitat dari situs resmi Kementerian ESDM.
 
Dalam mencapai target nol emisi, Pemerintah menerapkan lima prinsip utama yaitu peningkatan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT), pengurangan energi fosil, kendaraan listrik di sektor transportasi, peningkatan pemanfaatan listrik pada rumah tangga dan industri, dan pemanfaatan Carbon Capture and Storage (CCS).
 
Arifin menguraikan tahapan pemerintah menuju capaian target nol emisi. Di tahun 2021, pemerintah akan mengeluarkan regulasi dalam bentuk Peraturan Presiden terkait EBT dan retirement coal. "Tidak ada tambahan PLTU baru kecuali yang sudah berkontrak maupun sudah dalam tahap konstruksi," urainya.
 
Halaman Selanjutnya
  Di tahun 2022 akan…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif