Rangka eSAF yang digunakan oleh skuter matik Honda. Honda
Rangka eSAF yang digunakan oleh skuter matik Honda. Honda

YLKI Minta Honda Investigasi Keluhan Rangka Motor Patah

Ekawan Raharja • 30 Agustus 2023 09:12
Jakarta: Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan PT Astra Honda Motor (AHM) harus segera melakukan investigasi menyusul banyaknya keluhan rangka eSAF (Enhanched Smart Architecture Frame) yang berkarat dan patah yang belakangan ramai diunggah konsumen di media sosial. Menurut YLKI, kejadian ini harus bisa dibuktikan penyebabnya antara kecacatan produk atau faktor lain.
 
“Pihak manajemen Honda harus melakukan investigasi kejadian tersebut, apakah kejadian tersebut bersifat kasuistik atau sistemik, untuk membuktikan apakah kejadian itu karena faktor cacat produk atau faktor lainnya,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, dikutip dari ANTARA.
 
Tulus menegaskan penjelasan rinci dari pihak produsen sangat diperlukan untuk memberikan kepastian dan rasa aman kepada konsumen. Jika kerusakan yang terjadi berasal dari cacat produk, maka pihak produsen harus memberikan ganti rugi dan kompensasi kepada konsumen.

“Jika ditemukan adanya cacat produk dan kemungkinan masif, maka perlu adanya recall product dari pasaran,” kata Tulus.
 
Baca Juga:
Keren, Jalanan Di IKN Nusantara Bisa Ngecas Mobil Listrik

 
General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, mengatakan isu karat di rangka skuter matiknya bukanlah karat yang sebenarnya. Melainkan, lapisan silicate untuk melapisi hasil pengelasan rangka sehingga mencegah terjadinya karat atau oksidasi.
 
"(Lapisan silicate) tidak perlu dihilangkan karena lapisan silicate aman dan tidak mempengaruhi performa rangka,” kata pria yang akrab disapa Muhib.
 
Silicate di rangka adalah hal lumrah di dalam proses produksi, sehingga hal tersebut dinilai normal dan tidak berbahaya. Ia pun mengimbau para pemilik sepeda motor agar tidak khawatir karena adanya lapisan silicate pada kendaraan mereka.
 
Muhib menyatakan bahwa sejauh ini belum ada rencana AHM untuk melakukan recall atau penarikan produk dari pasaran. “Kami saat ini fokus untuk menangani keluhan konsumen,” kata Muhib.
 
Baca Juga:
Merapah Jalur 'Sangar' ke Toraja, Wajib Cobain ini di Xmax Connected

 
Untuk itu, pihaknya akan menangani keluhan konsumen sesuai dengan prosedur perusahaan. Mereka juga akan mempelajari dan meneliti masalah yang terjadi pada kendaraan konsumen.
 
Ke depannya, lanjut Muhib, perusahaan akan senantiasa memastikan bahwa produk yang dikirim kepada konsumen sudah melalui uji kualitas sehingga diharapkan tidak akan terjadi lagi kasus seperti sekarang ini. Mengenai dampak penjualan produk di masa depan, pihaknya belum bisa memberikan komentar karena masih fokus menyelesaikan keluhan konsumen.
 
“AHM berkomitmen tinggi terhadap kualitas setiap produk sepeda motor Honda yang dipasarkan ke konsumen. Kenyamanan dan keamanan berkendara konsumen prioritas kami,” kata Muhib menambahkan.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan