California: Honda mencatatkan sejarah baru dalam dunia motorsport dengan menghadirkan Honda CRV e:FCEV di ajang bergengsi Broadmoor Pikes Peak International Hill Climb 2025 di Amerika Serikat yang dipersembahkan oleh Gran Turismo.
Partisipasi ini menjadi yang pertama kalinya bagi kendaraan hidrogen milik pabrikan asal Jepang itu berlaga di ajang legendaris ini.
CRV e:FCEV 2025 berlaga di kelas exhibition dengan tetap mempertahankan sistem powertrain aslinya. Untuk menghadapi tantangan berat sepanjang 12,42 mil (sekitar 20 km) dan 156 tikungan ekstrem menuju puncak gunung, mobil ini hanya mendapat sedikit modifikasi.
Di antaranya suspensi yang diturunkan 1 inci, pemasangan bantalan rem balap, serta ban performa tinggi Yokohama Advan A052 ukuran 265/45R18.
Tak hanya itu, Honda of America Race Team (HART) turut membekali kendaraan ini dengan jok balap dan roll bar khusus. Komponen tersebut dikembangkan oleh teknisi dari HART dan Honda Performance Manufacturing Center (PMC), menegaskan keseriusan dalam menjaga keselamatan serta performa kendaraan selama lomba.
Menariknya, mobil ini akan dikendarai oleh Dai Yoshihara, juara Formula Drift dua kali yang juga merupakan pembalap HRC US. Keikutsertaan Yoshihara didukung secara teknis oleh HART, Honda R&D Japan, dan Honda Racing Corporation USA (HRC US).
CRV e:FCEV merupakan kendaraan listrik bertenaga hidrogen yang menggunakan sistem fuel cell generasi kedua Honda, diproduksi di fasilitas Fuel Cell System Manufacturing, LLC (FCSM) di Michigan. Mobil ini ditenagai motor listrik tunggal di bagian depan, dilengkapi baterai berkapasitas 17,7 kWh, dan dua tangki hidrogen bertekanan tinggi.
Dirakit secara eksklusif di PMC Marysville, Ohio, CRV e:FCEV menjadi satu-satunya mobil penumpang berbahan bakar fuel cell yang diproduksi di Amerika Serikat.
Sebagai SUV, CRV e:FCEV mampu menghasilkan tenaga 174 PS dan torsi 229 Nm. Akselerasi yang responsif serta efisiensi maksimal menjadikannya kendaraan yang andal untuk dikendarai harian maupun dalam tantangan ekstrem seperti Pikes Peak.
Soal fleksibilitas, mobil ini menggabungkan teknologi fuel cell hidrogen dengan kemampuan plug-in charging, memungkinkan mobil melaju sejauh 29 mil (sekitar 47 km) hanya dengan baterai. Sementara total jarak tempuhnya bisa mencapai 270 mil (sekitar 435 km). Di pasar saat ini, Honda CRV e:FCEV tersedia untuk disewa di negara bagian California dengan menawarkan efisiensi lebih tinggi, daya tahan lebih baik, dan biaya operasional lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya.
California: Honda mencatatkan sejarah baru dalam dunia
motorsport dengan menghadirkan
Honda CRV e:FCEV di ajang bergengsi Broadmoor Pikes Peak International Hill Climb 2025 di Amerika Serikat yang dipersembahkan oleh Gran Turismo.
Partisipasi ini menjadi yang pertama kalinya bagi kendaraan hidrogen milik pabrikan asal Jepang itu berlaga di ajang legendaris ini.
CRV e:FCEV 2025 berlaga di kelas exhibition dengan tetap mempertahankan sistem powertrain aslinya. Untuk menghadapi tantangan berat sepanjang 12,42 mil (sekitar 20 km) dan 156 tikungan ekstrem menuju puncak gunung, mobil ini hanya mendapat sedikit modifikasi.
Di antaranya suspensi yang diturunkan 1 inci, pemasangan bantalan rem balap, serta ban performa tinggi Yokohama Advan A052 ukuran 265/45R18.
Tak hanya itu, Honda of America Race Team (HART) turut membekali kendaraan ini dengan jok balap dan roll bar khusus. Komponen tersebut dikembangkan oleh teknisi dari HART dan Honda Performance Manufacturing Center (PMC), menegaskan keseriusan dalam menjaga keselamatan serta performa kendaraan selama lomba.
Menariknya, mobil ini akan dikendarai oleh Dai Yoshihara, juara Formula Drift dua kali yang juga merupakan pembalap HRC US. Keikutsertaan Yoshihara didukung secara teknis oleh HART, Honda R&D Japan, dan Honda Racing Corporation USA (HRC US).
CRV e:FCEV merupakan kendaraan listrik bertenaga hidrogen yang menggunakan sistem fuel cell generasi kedua Honda, diproduksi di fasilitas Fuel Cell System Manufacturing, LLC (FCSM) di Michigan. Mobil ini ditenagai motor listrik tunggal di bagian depan, dilengkapi baterai berkapasitas 17,7 kWh, dan dua tangki hidrogen bertekanan tinggi.
Dirakit secara eksklusif di PMC Marysville, Ohio, CRV e:FCEV menjadi satu-satunya mobil penumpang berbahan bakar fuel cell yang diproduksi di Amerika Serikat.
Sebagai SUV, CRV e:FCEV mampu menghasilkan tenaga 174 PS dan torsi 229 Nm. Akselerasi yang responsif serta efisiensi maksimal menjadikannya kendaraan yang andal untuk dikendarai harian maupun dalam tantangan ekstrem seperti Pikes Peak.
Soal fleksibilitas, mobil ini menggabungkan teknologi fuel cell hidrogen dengan kemampuan plug-in charging, memungkinkan mobil melaju sejauh 29 mil (sekitar 47 km) hanya dengan baterai. Sementara total jarak tempuhnya bisa mencapai 270 mil (sekitar 435 km). Di pasar saat ini, Honda CRV e:FCEV tersedia untuk disewa di negara bagian California dengan menawarkan efisiensi lebih tinggi, daya tahan lebih baik, dan biaya operasional lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)