Jerman: BMW M2 CS merupakan salah satu sportcar terganas di kelasnya dan menawarkan traksi penggerak roda belakang. Meski demikian, masih ada saja orang-orang yang tidak puas dengan performa compact sportcar tersebut dan Manhart memberikan jawabannya.
Rumah modifikasi spesialis BMW yang bermarkas di Wuppertal, Jerman, ini menawarkan mobil MH2 GTR yang merupakan evolusi dari M2 CS. Secara keseluruhan, mobil ini mengambil basis dari M2 CS namun dengan performa yang ditingkatkan lebih jauh lagi.
Di balik kap mesin masih tersedia mesin 3.000 cc 6-silinder segaris biturbo yang sudah mendapatkan ubahan di sektor turbocharger, pengaturan ulang ECU, dan setingan exhaust system baru racikan Manhart. Alhasil tenaganya meledak dari 450 daya kuda dan torsi 550 Nm, menjadi 60 daya kuda dan torsi 830 Nm.
Demi mengimbangi performa yang jauh lebih agresif, unit kontrol dipetakan ulang dan transmisi otomatis tujuh percepatan diperbarui. Kemudian sistem pembuangan diganti dengan sistem baja tahan karat dengan katup pintas. Materialnya berupa pipa knalpot sport berdiameter 10 sentimeter dengan karbon 10 sentimeter buatan Manhart dan konverter katalitik 300 sel.
Bagian shockbreaker telah diganti dengan kit H&R eksklusif untuk menjaga stabilitas saat mobil ini melaju kencang. Pelek terbuat dari besi tempa hitam berukuran 20 ini dan dilapisi ban ukuran 255/30 dari Michelin Pilot Sport Cup 2 di bagian depan dan 295/25 di belakang.
Performa yang diatas rata-rata juga diimbangi dengan tampilan yang menarik seperti mobil balap. Kombinasi warna biru tua, biru muda, dan merah khas divisi M didukung dengan lips karbon M Performance, oversize fender berbahan karbon dengan ventilasi udara, sampai side skirt carbon. Buritan mendapatkan ducktail dan spoiler baru yang desainnya sedikit dibuat menukik demi memaksimalkan downforce saat kecepatan tinggi.
Sektor interior tak luput dari garapan dengan penggunaan jok Recaro. Lingkar kemudi suede dan tuas persneling dilapisi karbon BMW M Performance. Serta layar tengahnya sudah terintegrasi memberikan informasi kepada pengemudi tentang semua parameter pengoperasian mesin.
Siap melesat di jalan?
Jerman: BMW M2 CS merupakan salah satu sportcar terganas di kelasnya dan menawarkan traksi penggerak roda belakang. Meski demikian, masih ada saja orang-orang yang tidak puas dengan performa compact sportcar tersebut dan Manhart memberikan jawabannya.
Rumah modifikasi spesialis BMW yang bermarkas di Wuppertal, Jerman, ini menawarkan mobil MH2 GTR yang merupakan evolusi dari M2 CS. Secara keseluruhan, mobil ini mengambil basis dari M2 CS namun dengan performa yang ditingkatkan lebih jauh lagi.
Di balik kap mesin masih tersedia mesin 3.000 cc 6-silinder segaris biturbo yang sudah mendapatkan ubahan di sektor turbocharger, pengaturan ulang ECU, dan setingan exhaust system baru racikan Manhart. Alhasil tenaganya meledak dari 450 daya kuda dan torsi 550 Nm, menjadi 60 daya kuda dan torsi 830 Nm.
Demi mengimbangi performa yang jauh lebih agresif, unit kontrol dipetakan ulang dan transmisi otomatis tujuh percepatan diperbarui. Kemudian sistem pembuangan diganti dengan sistem baja tahan karat dengan katup pintas. Materialnya berupa pipa knalpot sport berdiameter 10 sentimeter dengan karbon 10 sentimeter buatan Manhart dan konverter katalitik 300 sel.
Bagian shockbreaker telah diganti dengan kit H&R eksklusif untuk menjaga stabilitas saat mobil ini melaju kencang. Pelek terbuat dari besi tempa hitam berukuran 20 ini dan dilapisi ban ukuran 255/30 dari Michelin Pilot Sport Cup 2 di bagian depan dan 295/25 di belakang.
Performa yang diatas rata-rata juga diimbangi dengan tampilan yang menarik seperti mobil balap. Kombinasi warna biru tua, biru muda, dan merah khas divisi M didukung dengan lips karbon M Performance, oversize fender berbahan karbon dengan ventilasi udara, sampai side skirt carbon. Buritan mendapatkan ducktail dan spoiler baru yang desainnya sedikit dibuat menukik demi memaksimalkan downforce saat kecepatan tinggi.

Sektor interior tak luput dari garapan dengan penggunaan jok Recaro. Lingkar kemudi suede dan tuas persneling dilapisi karbon BMW M Performance. Serta layar tengahnya sudah terintegrasi memberikan informasi kepada pengemudi tentang semua parameter pengoperasian mesin.
Siap melesat di jalan?
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)