Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno membuka Kustomfest 2022 dan berharap event ini bisa jadi basis kebangkitan UMKM otomotif nasional. KF
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno membuka Kustomfest 2022 dan berharap event ini bisa jadi basis kebangkitan UMKM otomotif nasional. KF

Menparekraf Sandiaga Uno Janji Bakal Dukung Kustomfest dan Industrinya

Ahmad Garuda • 01 Oktober 2022 16:25
Penyelenggaraan Indonesia Kustom Kultur Festival (Kustomfest) 2022 tahun ini, mendapat dukungan yang sangat besar dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yaitu Sandiaga Salahuddin Uno. Ini dibuktikan dengan kehadirannya di pembukaan acara yang berlangsung di Jogja Expo Centre (JEC) pada Sabtu (1/10/2022). 
 
Dalam pernyataan resminya saat membuka Kustomfest 2022, Sandiaga Uno menjelaskan bahwa industri kreatif di Indonesia adalah industri yang paling cepat bangkit dari keterpurukan pasca negara kita dilanda pandemi Covid-19. Ia pun berharap tren bangkitnya industri ini juga diiringi terbukanya lapangan kerja yang besar sehingga berkontribusi meningkatkan perekonomian bangsa, terutama di sektor UMKM.
 
"Saya melihat bahwa industri kustom di Indonesia ini jadi industri yang cepat bangkit. Kita bisa melihat dari jumlah motor-motor kustom yang hadir, tenant yang hadir dan target animo pengunjung sampai dengan 30 ribu. Industri desain produk ini diprediksikan akan terus meningkat dan bisa menjadi tuan rumah bagi perkembangan roda ekonomi pariwisata dan juga UMKM di Indonesia," papar Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno sesaat sebelum membuka Kustomfest hari ini Sabtu (1/10/2022).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu menurutnya, kehadiran acara acara ini juga turut membantu tingkat okupansi penginapan di wilayah Yogyakarta karena banyaknya tamu yang hadir. Sehingga adanya sebuah event dengan kelas dunia ini, menjadi sebuah keuntungan bagi pariwisata Indonesia yang sudah mulai bangkit lagi belakangan ini.
 
Baca Juga:
Motif Menko Perekonomian Memberikan Dukungan kepada IMX 2022

 
Acara yang diinisiasi oleh bengkel kustom Retro Classic Cycles Indonesia dipunggawai oleh Lulut Wahyudi ini, pun menegaskan bahwa mereka konsisten dalam hal kreasi dan seni. Tentu yang tak terlepas dari dunia kustom otomotif nasional. 
 
“Kami terus berproses membuat program dalam upaya meningkatkan kualitasnya sehingga menjadi ruang kreasi serta inovasi unggulan dari dunia kustom di Indonesia. Tidak itu saja, kami juga memperhatikan dampak besar dari penyelenggaraan Kustomfest untuk ikut mendorong perekonomian dengan melibatkan berbagai stake holder dari pemerintah hingga instansi terkait,”  unglap Director Kustomfest, Lulut Wahyudi. 
 
Lulut juga menambahkan perjalanan panjang dari event event ini juga membantu builder lokal untuk naik level secara skill dan strategi promosinya dengan mengundang tamu internasional. Beberapa builder dunia serta para pegiat industri kustom kulture termasuk media setiap tahunnya selalu diundang untuk berbagi informasi.
 
Suguhan acara Kustom Bike Show di Kustomfest 2022 
We’ll Be Back mampu menyedot antusias sebanyak 160 motor kustom hasil dari kurasi komite untuk bisa bersaing menjadi yang terbaik. Sementara peserta Hot Rod & Kustom Car diikuti oleh 36 kontestan. Semua peserta yang tampil terlihat sangat fresh dan istimewa karena merupakan karya yang baru dan belum pernah dihadirkan di acara kustom lain. 
 
Pada tahun ini builder internasional akan membawa karyanya, Kaichiroh Kurosu builder Cherry’s Company yang sudah beberapa kali datang ke Kustomfest membawa 'Highway Fighter', sebuah maha karyanya yang hingga kini masih banyak diminta oleh beberapa pelanggannya dari beberapa negara. Kemudian ada Yoichi Yoshizawa Custom Works Zon memamerkan 'Huracan', Masa punggawa Luck MC dengan 'Shirley Junior'.
 
Baca Juga:
Harga Bekas Mobil Ford Anjlok? Cek Faktanya

 
Berikutnya ada Toshiyuki Osawa dari Cheetah Custom Cycles menerbangkan “The Comet 45” dan salah satu builder Jepang yang baru pertama kali datang Takuya Aikawa builder dari Sure Shot yang langsung membawa 'DST', Mooneyes yang selalu memberikan dukungan setiap tahunnya pada Kustomfest kali ini secara khusus membawa mobil kodok VW Type 1 Drag Race legendaris.
 
Selain melihat deretan motor dan mobil kustom, pengunjung juga bisa melihat sepeda kustom, berbagai eksibisi khas dunia kustom seperti pembuatan tato, live pinstriping, instalasi seni, dan juga membeli berbagai apparel mulai dari helm, t-shirt, jaket, sepatu bahkan part motor seperti mesin, setang, dan frame. Ada juga balapan flat track yang sudah disiapkan oleh tim panitia di area belakang JEC. 
 
Satu konten acara puncak yang paling ditunggu di setiap acara KUSTOMFEST adalah lucky draw di akhir hari kedua. Khusus pda tahun ini Lulut bersama tim Retro Classic Cycles membuat sebuah motor chopper elektrik yang diberi nama “Condrodimuko”.  
 
“Kehadiran motor chopper ini saya harap bisa menjadi pemicu bagi builder lain untuk bisa juga membuat sebuah karya dengan basis motor listrik. Dan kali ini pengunjung bisa datang membeli tiket seharga Rp 100.000 untuk membawa pulang motor bersejarah ini.” Tutup Lulut. 
 
(UDA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif