Malang: Toyota Gazoo Racing Team (TGRI) menurunkan GR Yaris di kelas M1 (Sedan 4WD) kategori A pada putaran 1 dan 2 Kejuaraan Sprint Rally 2022. Hasil positif yang diraih, dengan berada di posisi pertama, tidak terlepas dari performa yang ditawarkan oleh mobil hatchback tersebut.
Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto melesat dengan menggunakan GR Yaris AP4. Spesifikasi yang digunakan merujuk kepada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4), berat minimum untuk kategori AP4 adalah 1.230 kilogram.
Untuk itu modifikasi pada GR Yaris dilakukan hampir di semua sektor seperti penggunaan kap mesin dan pintu bagasi berbahan fiberglass, spion 3D printing yang ringan, serta ventilasi kap mesin dan atap dengan bobot yang lebih ringan. Meski begitu, komponen body shell seperti pintu dan atap asli GR Yaris tetap dipertahankan.
Meningkatkan aerodinamika, GR Yaris AP4 dilengkapi dengan side fender besar pada ke-4 roda demi mengalirkan udara dengan baik sekaligus memberikan kesan agresif. Spoiler atap besar di belakang dan diffuser besar di bawah pun ditambahkan untuk meningkatkan downforce.
Suspensi depan dan belakang juga sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan, termasuk travel suspensi agar sanggup bermanuver dengan baik.
Untuk memaksimalkan performanya, GR Yaris AP4 juga sudah memanfaatkan exhaust manifold khusus dan turbocharger boost maksimum 2 bar yang dilengkapi pembatas tekanan udara. Tenaga dialirkan melalui girboks sekuensial 5-speed dengan rasio gigi sesuai kebutuhan dan sistem AWD menggunakan locked centre differential yang membagi torsi secara merata 50:50 depan-belakang. Hasilnya, GR Yaris AP4 tampil mendominasi di track Sprint Rally yang sangat menantang.
Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima, menyebutkan pengembangan mobil ini dilakukan oleh tim Toyota Gazoo Racing Australia. Mereka mengembangkan mobil ini disesuaikan dengan karakteristik lintasan reli yang ada di Indonesia.
"Pengembangannya diambil dari GR Yaris yang diciptakan dengan mengusung konsep reverse engineering untuk memenuhi homologasi ajang WRC, sehingga memiliki basis mobil rally yang sudah teruji kemampuannya. Kami harap GR Yaris dapat mendukung TGRI dalam meraih gelar juara nasional di tahun ini,” kata Fumitaka Kawashima melalui keterangan resminya.
Malang: Toyota Gazoo Racing Team (TGRI) menurunkan GR Yaris di kelas M1 (Sedan 4WD) kategori A pada putaran 1 dan 2 Kejuaraan Sprint Rally 2022. Hasil positif yang diraih, dengan berada di posisi pertama, tidak terlepas dari performa yang ditawarkan oleh mobil hatchback tersebut.
Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto melesat dengan menggunakan GR Yaris AP4. Spesifikasi yang digunakan merujuk kepada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4), berat minimum untuk kategori AP4 adalah 1.230 kilogram.
Untuk itu modifikasi pada GR Yaris dilakukan hampir di semua sektor seperti penggunaan kap mesin dan pintu bagasi berbahan fiberglass, spion 3D printing yang ringan, serta ventilasi kap mesin dan atap dengan bobot yang lebih ringan. Meski begitu, komponen body shell seperti pintu dan atap asli GR Yaris tetap dipertahankan.
Meningkatkan aerodinamika, GR Yaris AP4 dilengkapi dengan side fender besar pada ke-4 roda demi mengalirkan udara dengan baik sekaligus memberikan kesan agresif. Spoiler atap besar di belakang dan diffuser besar di bawah pun ditambahkan untuk meningkatkan downforce.
Suspensi depan dan belakang juga sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan, termasuk travel suspensi agar sanggup bermanuver dengan baik.