Test flight Ehang 216 di IIMS 2022. Medcom.id/Ekawan Raharja
Test flight Ehang 216 di IIMS 2022. Medcom.id/Ekawan Raharja

IIMS 2022

Test Flight Taksi Terbang EHang 216, Langsung Dikontrol dari Tiongkok

Ekawan Raharja • 10 April 2022 14:00
Jakarta: Prestige Aviation melakukan sukses test flight perdana di ibukota di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 pada Sabtu (9-4-2022). Canggihnya, uji terbang ini tidak menggunakan pilot di dalam taksi terbang tersebut dan dikendalikan dari jarak jauh.
 
CEO Prestige Aviation, Rudy Salim, menyebutkan test flight kali ini langsung dikendalikan dari Tiongkok. Hal ini dikarenakan mereka ingin memastikan bahwa penerbangan taksi terbang tanpa awak pilot ini dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman dan tersertifikasi.
 
"Hari ini karena pilot kita masih pelatihan, maka tadi pengendaliannya dilakukan di Ground Control yang ada di China. Jadi hari ini bukan pilot di Indonesia karena kita masih melakukan sertifikasi," terang Rudy Salim.
 
Selain itu, Rudy juga menjelaskan bahwa hal ini menjadi bukti kecanggihan taksi terbang yang mereka miliki yakni EHang 216. Mengingat pengendalian jarak jauhnya bisa dilakukan dengan baik dan sempurna, sehingga teknologinya sudah tidak diragukan.
 
"Berhubung tidak ada pilot di dalamnya, maka 2 orang penumpang bisa masuk," ungkap Rudy.
 
 

100 Unit EHang 216 Siap Dibawa ke Indonesia

Selain itu, Rudy juga menyebutkan perusahaannya sudah melakukan pemesanan taksi terbang tersebut sebanyak 100 unit. Menurutnya, dengan suksesnya demo flight di Bali dan test flight kali ini membuat pengetahuan dan minat masyarakat akan taksi terbang otonom meningkat.
 
"Dengan besarnya minat ini, Prestige Aviation dengan bangga menjadi yang pertama dalam membawa dan menyediakan kendaraan udara otonom untuk masyarakat Indonesia."
 
Salah satu konsumen yang diketahui membeli taksi terbang ini adalah Black Stone Cargo Airline. Nantinya kendaraan terbang ini akan digunakan untuk kebutuhan penerbangan kargo. 
 
“Kami sangat tertarik dalam inovasi kendaraan udara otonom sebagai moda pengiriman barang, adapun rute awal penerbangan kami akan membuka rute Jakarta menuju BIJB Kertajati. Dari rute ini nantinya akan kami kembangkan ke berbagai daerah lainnya,” ungkap Komisaris Black Stone Cargo Airline, Marco Isaak.
 
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif