Jakarta: Jakarta Auto Week (JAW) 2022 yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah berakhir pada Minggu (20-3-2022). Penyelenggaraan perdana JAW dinilai memberikan kesan yang positif.
Menurut Gaikindo, JAW diposisikan berbeda dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Jika penyelenggaraan GIIAS adalah ajang tempat para peserta memperkenalkan kendaran terbaru, kendaraan konsep, serta berbagai teknologi otomotif terdepan, JAW memiliki pendekatan yang berbeda dimana yang menjadi fokus adalah kegiatan penjualan.
Hingga hari terakhir penyelenggaraan sebanyak 53.164 pengunjung tercatat menghadiri pameran otomotif tersebut. Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, menyebutkan pengunjung yang hadir tersebut merupakan calon pembeli potensial dari para peserta.
”Pencapaian angka pengunjung sebesar 53 ribu pada penyelenggaraan JAW yang baru lahir ini Kami rasa sangat baik, dan merepresentasikan pembeli potensial di Jakarta saat ini,” tutur Nangoi.
”Saat ini tersebar kurang lebih seribu dealer milik para peserta di Jakarta yang dalam satu hari dikunjungi oleh 6-7 calon pembeli. Maka jika dihitung selama 9 hari, sesuai dengan waktu penyelenggaraan pameran, berarti terkumpul sekitar 54 ribu - 63 ribu pengunjung. Oleh karena itu, angka pengunjung yang dicapai dinilai cukup bagus dan sesuai dengan jumlah pembeli potensial yang ada di Jakarta,” jelas Nangoi.
Ketua III Gaikindo, Rizwan Alamsjah, menyebutkan tidak menetapkan target transaksi dalam pameran ini. Meski demikian, mereka menerima laporan dari beberapa peserta bahwa telah dapat mencapai bahkan melebihi target yang mereka sasar selama gelaran ini berlangsung.
“Kami bersyukur karena pada penyelenggaraan JAW yang pertama ini, beberapa peserta menyampaikan bahwa catatan penjualan mereka telah berhasil melebihi target yang mereka sasar, sehingga menurut Kami JAW telah menciptakan awareness di masyarakat, bahwa JAW adalah pameran yang dituju untuk mencari tahu tentang produk otomotif terbaru dan mendapatkan penawaran terbaik dari seluruh peserta,” ungkap Rizwan Alamsjah.
Rizwan menambahkan saat ini, hasil transaksi dari deretan peserta pameran, yakni Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling serta industri pendukung otomotif lainnya masih terus didata untuk disampaikan kepada Gaikindo, dan kemudian dilaporkan kepada Kementerian Perindustrian. Oleh karena itu, asosisasi akan menginformasikan kembali hasil dari pencapaian transaksi JAW 2022 melalui publikasi tertulis.
“Kami berharap seluruh penawaran dan kemudahan yang hadir pada JAW tahun ini dapat meyakinkan seluruh pengunjung untuk kembali mengunjungi JAW pada tahun depan dan mendapatkan produk terbaru dengan penawaran terbaik dari Industri otomotif Indonesia,” tutup Rizwan.
Ketua III Gaikindo, Rizwan Alamsjah, menyebutkan tidak menetapkan target transaksi dalam pameran ini. Meski demikian, mereka menerima laporan dari beberapa peserta bahwa telah dapat mencapai bahkan melebihi target yang mereka sasar selama gelaran ini berlangsung.
“Kami bersyukur karena pada penyelenggaraan JAW yang pertama ini, beberapa peserta menyampaikan bahwa catatan penjualan mereka telah berhasil melebihi target yang mereka sasar, sehingga menurut Kami JAW telah menciptakan awareness di masyarakat, bahwa JAW adalah pameran yang dituju untuk mencari tahu tentang produk otomotif terbaru dan mendapatkan penawaran terbaik dari seluruh peserta,” ungkap Rizwan Alamsjah.
Rizwan menambahkan saat ini, hasil transaksi dari deretan peserta pameran, yakni Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling serta industri pendukung otomotif lainnya masih terus didata untuk disampaikan kepada Gaikindo, dan kemudian dilaporkan kepada Kementerian Perindustrian. Oleh karena itu, asosisasi akan menginformasikan kembali hasil dari pencapaian transaksi JAW 2022 melalui publikasi tertulis.
“Kami berharap seluruh penawaran dan kemudahan yang hadir pada JAW tahun ini dapat meyakinkan seluruh pengunjung untuk kembali mengunjungi JAW pada tahun depan dan mendapatkan produk terbaru dengan penawaran terbaik dari Industri otomotif Indonesia,” tutup Rizwan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(ERA)