Jakarta: Banyak pemilik mobil yang masih salah memahami kelistrikan di mobil hanya sebatas aki dan lampu saja. Padahal kalau dipahami lebih lanjut, ada banyak sektor kelistrikan yang ada di mobil dan ini hampir ada di setiap bagian.
Direktur Rifat Drive Labs, Rifat Sungkar, menjelaskan kelistrikan yang ada di mobil terdiri atas 4 kriteria. Akan tetapi yang diketahui oleh masyarakat umum cuma soal lampu dan aki.
"Ada empat kriteria kelistrikan, yaitu kelistrikan bagian luar, interior, mesin dan dalam sistem keamanan kendaraan," ungkap Rifat pada Selasa (14/12/2021) melalui jumpa pers virtual.
Dia memulai penjelasan mulai dari body atau eksterior, dimana untuk kelistrikan body terdiri atas 2 kabel yakni body dan mesin. Kabel Body ini kabel yang berhubungan dengan kelistrikan, lampu, power steering, dan perangkat audio. Sedangkan untuk kabel mesin yang menghubungkan mesin dan transmisi dengan ECU.
Aspek kelistrikan lainnya adalah interior yang juga bagian dari body harness, hanya saja ini hanya untuk interior saja. Sambungan ini banyak disambungkan dengan modifikasi audio, aksesoris, charger, atau inverter.
Ketiga adalah sistem elektrik di mesin dan ini perlu diperhatikan. Dia meminta kepada para konsumen jangan sekali-kali untuk mengubah sistem kelistrikan di sektor ini.
"Misalnya mobil-mobil yang zaman sekarang ditingkatkan tenaganya dipasang unichip. Saya kurang merekomendasikan karena dalam pabrikan, semua kontrol unit dalam kondisi standar adalah posisi paling optimal. Optimal dari tenaga dan konsumsi bahan bakar," pria yang juga berperan sebagai brand ambassador Mitsubishi.
Terakhir adala kelistrikan sistem keamanan. Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan, sistem kelistrikan ini terintegrasi dengan sistem di mesin.
"Keamanan yang ada di sini juga ada dua, pasif dan aktif. Untuk keamanan mesin, tapi keamanan aktif di mobil itu sudah meliputi HSA, ESC dan Cruise Control. Semua yang berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan," jelas Rifat.
Jakarta: Banyak pemilik mobil yang masih salah memahami kelistrikan di mobil hanya sebatas aki dan lampu saja. Padahal kalau dipahami lebih lanjut, ada banyak sektor kelistrikan yang ada di mobil dan ini hampir ada di setiap bagian.
Direktur Rifat Drive Labs,
Rifat Sungkar, menjelaskan kelistrikan yang ada di mobil terdiri atas 4 kriteria. Akan tetapi yang diketahui oleh masyarakat umum cuma soal lampu dan aki.
"Ada empat kriteria kelistrikan, yaitu kelistrikan bagian luar, interior, mesin dan dalam sistem keamanan kendaraan," ungkap Rifat pada Selasa (14/12/2021) melalui jumpa pers virtual.
Dia memulai penjelasan mulai dari body atau eksterior, dimana untuk kelistrikan body terdiri atas 2 kabel yakni body dan mesin. Kabel Body ini kabel yang berhubungan dengan kelistrikan, lampu, power steering, dan perangkat audio. Sedangkan untuk kabel mesin yang menghubungkan mesin dan transmisi dengan ECU.
Aspek kelistrikan lainnya adalah interior yang juga bagian dari body harness, hanya saja ini hanya untuk interior saja. Sambungan ini banyak disambungkan dengan modifikasi audio, aksesoris, charger, atau inverter.
Ketiga adalah sistem elektrik di mesin dan ini perlu diperhatikan. Dia meminta kepada para konsumen jangan sekali-kali untuk mengubah sistem kelistrikan di sektor ini.
"Misalnya mobil-mobil yang zaman sekarang ditingkatkan tenaganya dipasang unichip. Saya kurang merekomendasikan karena dalam pabrikan, semua kontrol unit dalam kondisi standar adalah posisi paling optimal. Optimal dari tenaga dan konsumsi bahan bakar," pria yang juga berperan sebagai brand ambassador
Mitsubishi.
Terakhir adala kelistrikan sistem keamanan. Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan, sistem kelistrikan ini terintegrasi dengan sistem di mesin.
"Keamanan yang ada di sini juga ada dua, pasif dan aktif. Untuk keamanan mesin, tapi keamanan aktif di mobil itu sudah meliputi HSA, ESC dan Cruise Control. Semua yang berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan," jelas Rifat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)