Toyota Kijang Innova BEV Concept Study Car. Toyota
Toyota Kijang Innova BEV Concept Study Car. Toyota

Industri Otomotif

Mengajak Generasi Muda Melek Netralitas Karbon Melalui Teknologi Hijau

Ekawan Raharja • 25 Mei 2022 14:00
Semarang: Perubahan iklim dan rencana pencapaian net zero emission alias netralitas karbon merupakan wacana untuk menghadirkan lingkungan yang lebih bersih di masa depan. Selain mempersiapkan infrastruktur serta regulasi yang dibutuhkan, para generasi muda pun perlu mendapatkan edukasi serta sosialisasi.
 
Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, menjelaskan netralitas karbon akan menjadi penggerak utama perubahan di masa depan untuk segala sektor kehidupan, dan generasi muda nantinya akan memimpin Indonesia menjadi pemain global. Toyota meyakini bahwa mahasiswa sebagai generasi muda dapat disiapkan lebih awal dalam mengambil inisiasi gerakan hijau, demi menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, Institusi Pendidikan Tinggi memegang peranan strategis dalam mengembangkan, mengkaji, dan menyiapkan generasi muda sebagai SDM penerus berdaya saing tinggi.
 
“Aktivitas seminar nasional ini harapannya dapat menjadi wadah diskusi komprehensif yang membantu dan mendukung akselerasi Indonesia mencapai target Net-Zero Emission. Hal tersebut tentunya dapat terwujud melalui sinergi bersama antara Institusi Pendidikan, Generasi Muda, dan juga sektor industri khususnya Industri Otomotif nasional,” ujar Warih Andang Tjahjono pada Rabu (25/5/2022) di Seminar Nasional 100 Years of Indonesia Automotive Industry, Realizing Indonesia Net-Zero Emission.
 
Warih memberikan informasi mengenai rencana perusahaan dalam upaya pengurangan emisi melalui ragam pilihan teknologi elektrifikasi multi-pathway, sehingga semua pihak dapat berkontribusi dalam memerangi emisi karbon (carbon is our enemy). 
 
Berbagai pilihan teknologi elektrifikasi yang dapat diakses oleh semua pihak juga dapat mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dari hulu hingga hilir. Langkah strategis ini bertujuan agar Indonesia menjadi pemain global produsen kendaraan listrik yang dapat berkompetisi dan berperan penting dalam supply chain pasar internasional.
 
 

Bagian dari Kampanye xEV Center untuk Edukasi Kendaraan Listrik

Aktivitas seminar ini juga merupakan rangkaian series peluncuran xEV Center yang telah dilaksanakan pekan lalu (19-5-2022). xEV Center di Karawang, Jawa Barat, menampilkan penjelasan lengkap mengenai teknologi dan menyediakan fasilitas display serta unit driving experience model kendaraan elektrifikasi.
 
Kehadiran xEV Center diharapkan dalam merealisasikan sinergi positif antara universitas dan sektor industri otomotif nasional. Kontribusi strategis para generasi muda sebagai pelopor dalam kegiatan pembelajaran serta penelitian teknologi elektrifikasi, energi hijau dan mobility di Indonesia merupakan langkah awal yang baik untuk persiapan ekosistem elektrifikasi di Indonesia.
 
“Kami ingin terus berkontribusi bagi masa depan netralitas karbon Indonesia melalui peningkatan kapabilitas SDM nasional yang sejalan dengan filosofi Make People Before Make Product. Pengembangan generasi muda saat mengenyam pendidikan tinggi menjadi momen penting bagi universitas di Indonesia agar dapat berperan aktif dalam mempersiapkan serta mengembangkan kemampuan maupun pengetahuan mahasiswa dalam teknologi hijau sehingga siap berkontribusi di industri era elektrifikasi,” tutup Corporate Affairs External Director PT TMMIN, Bob Azam, di kesempatan yang sama.
 
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif