Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor, Yusak Billy, mendukung kebijakan tersebut karena dinilai berpotensi meningkatkan penjualan pasar otomotif nasional. Billy pun menyebutkan bahwa selama ini mereka pun terus meningkatkan kandungan komponen lokal mereka di setiap produk dari waktu ke waktu.
"Kami selalu berkomitmen menaikkan local content. Jadi kita naikkan secara berkala. Misal dulu Brio 60 persen sekarang sudah 90 persen lebih. Kita terus komunikasi dengan pemasok, R&D, dan prinsipal. Jadi kita sangat berkomitmen," kata Billy di Bogor.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Billy sendiri menegaskan bahwa peraturan ini masih di tingkat wacana dan belum ada peraturan detailnya. Meski demikian, dia yakin peraturan ini akan bagus untuk perekonomian bangsa.
"Kita belum tahu seperti apa aturan detailnya. Tapi rencana seperti itu, bagus. Ke depannya kalau memakai produk dalam negeri, berarti pertumbuhan ekonomi akan cepat ya. Banyak yang kena dampak positif, terus harga juga akan kompetisi karena kandungan lokal yang tinggi dan volume yang besar."