Tetap gunakan sabuk pengaman meski duduk di jok belakang selama perjalanan. Medcom.id/Ekawan Raharja
Tetap gunakan sabuk pengaman meski duduk di jok belakang selama perjalanan. Medcom.id/Ekawan Raharja

Safety Driving

Duduk Di Jok depan & Belakang Sama Saja Bahayanya, Pakai Seatbelt

Otomotif survei safety driving Riset dan Penelitian sabuk pengaman
Ekawan Raharja • 13 Mei 2022 11:00
Amerika Serikat: Hingga saat ini masih banyak para penumpang mobil yang abai menggunakan abai menggunakan sabuk pengaman ketika duduk di jok tengah atau belakang. Padahal resiko penumpang yang duduk di depan dengan yang di belakang sama saja.
 
Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) menyebutkan dulu anggapan duduk di belakang memang lebih aman. Namun, semakin ke sini, risikonya semakin tinggi, sehingga sama dengan duduk di jok depan.
 
Apalagi, di Amerika Serikat (AS), sudah banyak orang yang meninggal karena kecelakaan tidak pakai sabuk pengaman. Dikatakan pula bahwa kalau semua disiplin pakai sabuk pengaman, akan ada 2.800 kematian yang bisa dihindari.
 
Namun kenyataannya, masih banyak tidak menggunakan sabuk keselamatan ketika duduk di belakang. Hasil survey IIHS menyebutkan 91 persen orang dewasa selalu menggunakan sabuk pengaman kalau duduk di jok depan.
 
Tapi ketika jadi penumpang di jok belakang, jumlahnya menurun menjadi hanya 72 persen saja. Bahkan saat bepergian dengan taksi, jumlah yang tidak pakai sabuk keselamatan naik signifikan jadi 80 persen.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif