Mandalika: All New Honda HR-V hadir dengan desain, mesin, dan teknologi baru, khususnya untuk varian RS Turbo. Kehadirannya menjadi inovasi baru dari segi desain, karena selama ini pabrikan asal Jepang itu identik dengan bahasa desain Solid Wing Face.
Kini tidak ada ada lagi palang besar melintang di grill dan bagian lekukan bumper pun sekarang ini tampak lebih dinamis. Bahkan untuk varian RS Turbo berganti dengan grill model kotak-kotak krom, dengan garis di atasnya mengalir ke LED lampu utama.
Large Project Leader of All-new Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd. Automobile Operations Monozukuri Center, Yoshitomo Ihashi, menjelaskan untuk bahasa desain barunya ini sudah disiapkan sejak lama. Bahkan mereka sempat menyediakan sejumlah desain alternatif untuk disesuaikan dengan selera konsumennya.
“Styling dimulai sejak lama, untuk memikirkan desain yang bisa seusai dengan konsumen saat ini. Ada banyak pilihan, kayak tipe SUV ada yang urban dan sebagainya. Banyak pilihan yang tersedia dan dipikirkan lama, sehingga kami lihat konsumen ke sini lebih suka desain seperti apa,” ujar Yoshitomo Ihashi melalui sambungan virtual.
Selain perubahan dilakukan demi estetika, desain ini juga menawarkan peningkatan aspek aerodinamika yang lebih baik. Hal ini bisa dilihat dari segi desain secara utuh, banyak lekukan-lekukan dinamis dan minim dengan sudut-sudut tajam.
“Penambahan panjang dan tinggi mobil agak rendah, semakin membuat pengendaraan stabil. Dari segi style, menunjang sisi aerodinamis di mana menambah kestabilan,” tambahnya.
Desain Mengikuti Tenaga yang Lebih Besar
Kemudian All New HR-V RS Turbo memiliki mesin baru, yakni 1.500 cc turbo untuk menggantikan mesin 1.800 cc naturally aspirated di generasi sebelumnya. Mesin ini diketahui serupa dengan mesin 1.500 cc turbo yang sudah terlebih dahulu digunakan oleh CR-V.
Yoshitomo Ihashi mengakui mesin yang digunakan ini memiliki kode yang sama. Hanya saja untuk tunning berbeda, disesuaikan dengan bobot mobil.
“CR-V dan HR-V bedanya di berat mobil, HR-V lebih ringan. Kami sudah menyesuaikan untuk tuning dan respons mesin, jadi konsumen bisa merasa berkendara lebih nyaman,” jelasnya.
Dari segi tenaga, jelas bahwasanya mesin 1.500 cc turbo memiliki tenaga yang lebih baik dibandingkan mesin 1.500 cc naturally aspirated atau 1.800 cc naturally aspirated di generasi HR-V sebelumnya. Mesin 1.500 cc turbo yang disematkan saja menawarkan tenaga 177 PS @ 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm @ 1.700-4.500 rpm.
“Penambahan panjang dan tinggi mobil agak rendah, semakin membuat pengendaraan stabil. Dari segi style, menunjang sisi aerodinamis di mana menambah kestabilan,” tambahnya.
Desain Mengikuti Tenaga yang Lebih Besar
Kemudian All New HR-V RS Turbo memiliki mesin baru, yakni 1.500 cc turbo untuk menggantikan mesin 1.800 cc naturally aspirated di generasi sebelumnya. Mesin ini diketahui serupa dengan mesin 1.500 cc turbo yang sudah terlebih dahulu digunakan oleh CR-V.
Yoshitomo Ihashi mengakui mesin yang digunakan ini memiliki kode yang sama. Hanya saja untuk tunning berbeda, disesuaikan dengan bobot mobil.
“CR-V dan HR-V bedanya di berat mobil, HR-V lebih ringan. Kami sudah menyesuaikan untuk tuning dan respons mesin, jadi konsumen bisa merasa berkendara lebih nyaman,” jelasnya.
Dari segi tenaga, jelas bahwasanya mesin 1.500 cc turbo memiliki tenaga yang lebih baik dibandingkan mesin 1.500 cc naturally aspirated atau 1.800 cc naturally aspirated di generasi HR-V sebelumnya. Mesin 1.500 cc turbo yang disematkan saja menawarkan tenaga 177 PS @ 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm @ 1.700-4.500 rpm.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)