Yokohama: Nissan akhirnya melakukan penyegaran untuk Navara generasi ketiganya di akhir tahun 2020. Mobil ini hadir dengan tampilan yang lebih segar dan fitur yang ditingkatkan untuk menantang Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton.
CEO Nissan, Ashwani Gupta, menjelaskan model baru Navara ini sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru untuk meningkatkan kinerja di medan on-road maupun off-road. Ia mengklaim New Navara memiliki fitur keamanan dan kenyamanan yang lebih baik namun tetap mempertahankan daya tahan dan penggunaannya.
“Bagi pelanggan kami itu berarti kepercayaan diri, kesenangan berkendara, kepraktisan, dan kebanggaan atas kepemilikan,” kata Gupta dalam keterangan resminya.
Tentu saja kehadiran edisi terbaru ini sangat ditunggu karena generasi ketiga ini sudah diperkenalkan sejak 2014 dan bertahan hingga sekarang. Padahal baik Hilux dan Triton sudah melakukan penyegaran, sehingga Nissan perlu melakukan hal serupa agar mobilnya tetap kompetitif di segmen kendaraan komersial pikap kabin ganda.
Perubahan sangat jelas di bagian depan dengan tampilan lebih gagah melalui grill interlock besar berpadu lampu depan LED quad-proyektor baru berbentuk kubus dan daytime running light berbentuk C. Bagian bumper depan juga mendapatkan perhatian dengan air intake vertikal dan skid plate besar di bawahnya, serta kap mesin dibuat lebih tinggi dan berotot.
Masuk ke belakang, New Navara mendapatkan lampu belakang LED dengan bentuk C, desain pintu belakang yang diubah, bumper belakang yang lebih kok, serta bak yang lebih besar dengan kait pengikat terintegrasi.
Kalau Anda merasa tampilan standarnya kurang gagah, kini tersedia New Navara Pro-4X. Varian ini dilengkapi fender yang lebih besar dan pelek berukuran 17 inci berwarna hitam dengan ban all-terrain. Kemudian gril, handle pintu, kaca spion, roof rail, dan tangga samping dibuat lebih gelap untuk memberikan kesan gagah.
Begitu masuk ke kabin, desain interiornya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Tetapi kini cluster meter di depan pengemudi lebih besar dengan layar 7 inci. Mobil ini juga telah dibekali sistem hiburan Nissan Connect dengan layar sentuh delapan inci dan fungsionalitas Apple CarPlay.
Fitur lainnya yang ditingkatkan adalah kekedapan suara dan kaca akustik digunakan agar suara di dalam kabin lebih baik. Penumpang belakang mendapatkan keuntungan dari bantalan kursi dan punggung yang dibentuk ulang serta sandaran tangan baru dengan cupholder terintegrasi.
Di sektor keselamatan berkendara, mobil komersial ringan ini kini sudah dilengkapi fitur pengereman darurat otomatis, line warning assist, blind spot monitoring, kamera 360 derajat yang bisa digunakan saat di ruang sempit, wiper dengan sensor hujan, kaca spion lipat otomatis, dan kunci pintu dengan sensor kecepatan.
Soal mesin tentu banyak variasi yang bisa disematkan. Salah satu yang mungkin diandalkan adalah mesin diesel YS23 2.300 cc turbo 4-silinder dengan tenaga 188 daya kuda @ 3.750 rpm dan torsi 450 Nm @ 1.500-2.500 rpm.
Sebagai awalan, New Navara akan mulai dipasarkan per Desember 2020 untuk pasar Thailand. Sedangkan untuk negara lainnya akan mengikuti setelahnya. Kalau Indonesia kapan mulai memasarkan New Navara?
Yokohama: Nissan akhirnya melakukan penyegaran untuk Navara generasi ketiganya di akhir tahun 2020. Mobil ini hadir dengan tampilan yang lebih segar dan fitur yang ditingkatkan untuk menantang Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton.
CEO Nissan, Ashwani Gupta, menjelaskan model baru Navara ini sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru untuk meningkatkan kinerja di medan on-road maupun off-road. Ia mengklaim New Navara memiliki fitur keamanan dan kenyamanan yang lebih baik namun tetap mempertahankan daya tahan dan penggunaannya.
“Bagi pelanggan kami itu berarti kepercayaan diri, kesenangan berkendara, kepraktisan, dan kebanggaan atas kepemilikan,” kata Gupta dalam keterangan resminya.
Tentu saja kehadiran edisi terbaru ini sangat ditunggu karena generasi ketiga ini sudah diperkenalkan sejak 2014 dan bertahan hingga sekarang. Padahal baik Hilux dan Triton sudah melakukan penyegaran, sehingga Nissan perlu melakukan hal serupa agar mobilnya tetap kompetitif di segmen kendaraan komersial pikap kabin ganda.
Perubahan sangat jelas di bagian depan dengan tampilan lebih gagah melalui grill interlock besar berpadu lampu depan LED quad-proyektor baru berbentuk kubus dan daytime running light berbentuk C. Bagian bumper depan juga mendapatkan perhatian dengan air intake vertikal dan skid plate besar di bawahnya, serta kap mesin dibuat lebih tinggi dan berotot.