Jakarta: Sepanjang tahun 2022 ini terdapat banyak pameran otomotif yang digelar, mulai dari skala internasional hingga di lingkup lokal. Selain itu, ternyata pameran otomotif di dunia metaverse pun juga digelar.
Telkom Indonesia menggelar pameran Metaverse dengan nama Metanesia. Uniknya, di dalam pameran dunia virtual ini turut serta booth Honda yang menawarkan berbagai model mobilnya dan sesi test drive.
Honda menjadi satu-satunya merek otomotif roda empat yang menampilkan Showroom virtual, produk dan berbagai aktivitas di Metanesia. Memasuki showroom virtual ini, pengunjung dapat melihat berbagai produk dan informasi seperti layaknya sebuah pameran di dunia nyata. Di Showroom Virtual ini, pengunjung dapat melihat berbagai produk mobil secara 360°, termasuk melihat bagian eksterior, interior, mesin, dan berbagai fiturnya.
Tak hanya itu, pengunjung juga dapat merasakan virtual reality driving untuk mobil-mobil yang ditawarkan. Aktivitas test drive virtual ini dirancang dengan sangat menarik untuk menunjukkan mobil berjalan layaknya sebuah game. Pengunjung yang tertarik dengan dan ingin melakukan pembelian dapat berinteraksi dengan customer service atau virtual sales assistant.
“Perubahan perilaku konsumen saat ini menjadikan platform digital sebagai salah satu medium yang semakin banyak digunakan konsumen untuk mencari informasi hingga melakukan transaksi, termasuk untuk konsumen otomotif. Teknologi metaverse menjadi teknologi terdepan saat ini yang memberikan pengalaman lebih lengkap dan memungkinkan kami untuk lebih banyak berinteraksi dengan konsumen di dunia digital," ungkap PR & Digital Strategy Senior Manager PT Honda Prospect Motor, Yulian Karfili, melalui keterangan resminya.
Pameran Metanesia merupakan pameran pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Metaverse, sebuah dunia virtual yang membuat penggunanya saling terhubung, berinteraksi selayaknya di dunia nyata. Pengunjung dapat mengakses pameran Metanesia secara virtual melalui komputer atau ponsel, dan dapat mengeksplorasi berbagai booth, aktivitas dan produk di dunia metaverse ini melalui avatar.
Untuk mengakses Metanesia, pengunjung dapat mengunduh aplikasi. Setelah mengunduh aplikasi, pengunjung perlu login dengan mengisi form yang telah disediakan. Selanjutnya pengunjung dapat menentukan avatar yang akan digunakan, avatar merupakan gambaran diri pengguna selama menggunakan Metanesia.
Pameran Metanesia merupakan pameran pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Metaverse, sebuah dunia virtual yang membuat penggunanya saling terhubung, berinteraksi selayaknya di dunia nyata. Pengunjung dapat mengakses pameran Metanesia secara virtual melalui komputer atau ponsel, dan dapat mengeksplorasi berbagai booth, aktivitas dan produk di dunia metaverse ini melalui avatar.
Untuk mengakses Metanesia, pengunjung dapat mengunduh aplikasi. Setelah mengunduh aplikasi, pengunjung perlu login dengan mengisi form yang telah disediakan. Selanjutnya pengunjung dapat menentukan avatar yang akan digunakan, avatar merupakan gambaran diri pengguna selama menggunakan Metanesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)