Jakarta: Produsen komponen bearing, SKF ikut serta di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung dari tanggal 11-21 Agustus 2022 di ICE, BSD, Tangerang.
Bearing dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai bantalan, sering juga disebut dengan istilah laher. Komponen ini berfungsi untuk membatasi gerak relatif antara dua atau lebih komponen mesin agar selalu bergerak pada arah yang diinginkan.
Bearing menjaga poros (shaft) agar selalu berputar terhadap sumbu porosnya, atau menjaga suatu komponen yang bergerak linier agar selalu berada pada jalurnya. Bantalan harus cukup kuat untuk memungkinkan poros serta elemen mesin lainnya bekerja dengan baik. Bearing dipasang pada as roda dan ditempat-tempat yang berputar lainnya.
OEM brand ternama
SKF selama ini merupakan Original Equipment Manufacturer (OEM) part bearing untuk produk-produk kendaraan bermotor dari berbagai brand baik roda dua maupun roda empat.
"Kita suplai ke Honda, Suzuki, Yamaha. Honda motor hampir semuanya kita suport, kalau Honda mobil itu untuk Brio dan Jazz. Lalu kita juga ke Toyota dan Daihatsu," ujar Application Engineer PT SKF Indonesia, Muhammad Abiyyu Hanif di sela-sela GIIAS 2022.
"Untuk market terbesarnya jelas sepeda motor karena pengguna motor jauh lebih banyak ketimbang pengguna mobil," terangnya.
Terkenal di dunia balap
Lebih lanjut, SKF yang berkantor pusat di Swedia saat ini sudah memiliki pabrik di Indonesia yang berlokasi di Jakarta Timur. Selain menyuplai komponen bearing ke banyak pabrikan kendaraan bermotor, SKF juga sudah dikenal di kancah balapan baik lokal maupun level internasional.
"Sebelumnya kita suport pembalap Ahmad Jayadi hingga sekarang. Bearing SKF juga digunakan Ferrari (F1) dan Ducati (MotoGP). Kita main sponsor mereka untuk bearing," lanjut Muhammad Abiyyu.
Dukung 5 Universitas terkait riset mobil hemat energi
Tak hanya menjadi pemain besar di industri otomotif dan motorsport, SKF juga turut mendukung dunia riset dan pendidikan.
Dukungan SKF dalam bentuk menyediakan produk bearing hingga bearing custom yang dibutuhkan para mahasiswa dalam program pengembangan mobil hemat energi.
Adapun lima Universitas yang didukung oleh SKF antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Institut Teknik Bandung dan Institut Teknik Sepuluh Nopember.
"Kita tak hanya di racing saja tapi juga mendukung dunia pendidikan serta riset. Kerjasama dengan Universitas dari tahun 2017 untuk kontes mobil hemat energi. Bentuk dukungan kita kasih finansial serta produk bearing. Jadi mereka by request bearingnya.
"Bedanya dengan kendaraan lain, untuk produk ini (mobil hemat energi) mereka mencari bearing yang low friction karena mereka menggunakan bahan ceramic ball. Jadi dengan kata lain, perbedaannya mereka diproduksi custom. Produksi bearing custom itu bisa memakan waktu 1-3 bulan," beber Abiyyu.
Jakarta: Produsen
komponen bearing, SKF ikut serta di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung dari tanggal 11-21 Agustus 2022 di ICE, BSD, Tangerang.
Bearing dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai bantalan, sering juga disebut dengan istilah laher. Komponen ini berfungsi untuk membatasi gerak relatif antara dua atau lebih komponen mesin agar selalu bergerak pada arah yang diinginkan.
Bearing menjaga poros (
shaft) agar selalu berputar terhadap sumbu porosnya, atau menjaga suatu komponen yang bergerak linier agar selalu berada pada jalurnya. Bantalan harus cukup kuat untuk memungkinkan poros serta elemen mesin lainnya bekerja dengan baik. Bearing dipasang pada as roda dan ditempat-tempat yang berputar lainnya.
OEM brand ternama
SKF selama ini merupakan
Original Equipment Manufacturer (OEM) part bearing untuk produk-produk kendaraan bermotor dari berbagai brand baik roda dua maupun roda empat.
"Kita suplai ke Honda, Suzuki, Yamaha. Honda motor hampir semuanya kita suport, kalau Honda mobil itu untuk Brio dan Jazz. Lalu kita juga ke Toyota dan Daihatsu," ujar Application Engineer PT SKF Indonesia, Muhammad Abiyyu Hanif di sela-sela GIIAS 2022.
"Untuk market terbesarnya jelas sepeda motor karena pengguna motor jauh lebih banyak ketimbang pengguna mobil," terangnya.
Terkenal di dunia balap
Lebih lanjut, SKF yang berkantor pusat di Swedia saat ini sudah memiliki pabrik di Indonesia yang berlokasi di Jakarta Timur. Selain menyuplai komponen bearing ke banyak pabrikan kendaraan bermotor, SKF juga sudah dikenal di kancah balapan baik lokal maupun level internasional.
"Sebelumnya kita suport pembalap Ahmad Jayadi hingga sekarang. Bearing SKF juga digunakan Ferrari (F1) dan Ducati (MotoGP). Kita main sponsor mereka untuk bearing," lanjut Muhammad Abiyyu.
Dukung 5 Universitas terkait riset mobil hemat energi
Tak hanya menjadi pemain besar di industri otomotif dan motorsport, SKF juga turut mendukung dunia riset dan pendidikan.
Dukungan SKF dalam bentuk menyediakan produk bearing hingga bearing custom yang dibutuhkan para mahasiswa dalam program pengembangan mobil hemat energi.
Adapun lima Universitas yang didukung oleh SKF antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Institut Teknik Bandung dan Institut Teknik Sepuluh Nopember.
"Kita tak hanya di racing saja tapi juga mendukung dunia pendidikan serta riset. Kerjasama dengan Universitas dari tahun 2017 untuk kontes mobil hemat energi. Bentuk dukungan kita kasih finansial serta produk bearing. Jadi mereka by request bearingnya.
"Bedanya dengan kendaraan lain, untuk produk ini (mobil hemat energi) mereka mencari bearing yang low friction karena mereka menggunakan bahan ceramic ball. Jadi dengan kata lain, perbedaannya mereka diproduksi custom. Produksi bearing custom itu bisa memakan waktu 1-3 bulan," beber Abiyyu.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(PRI)