Aplikasi ini menjadi bagian dari inovasi digital terbaru dalam memperkuat layanan Hino Connect, sistem telematika OEM yang sudah digunakan sejak tahun 2020.
Hino Connect Driver hadir sebagai solusi bagi pengemudi kendaraan, yang selama ini belum memiliki akses langsung terhadap data performa mengemudi mereka.
Dengan aplikasi ini, pengemudi dapat mengetahui dan mengevaluasi perilaku berkendara secara mandiri untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan produktivitas operasional armada.
Baca Juga: Apa Saja Keunggulan Suzuki Fronx Dibanding Rival-Rivalnya? |
“Kami percaya pengemudi bukan sekadar pelaksana, tapi mitra penting dalam bisnis transportasi pelanggan. Hino Connect Driver adalah wujud nyata dari upaya kami mendekatkan teknologi kepada pengemudi agar mereka bisa memahami, mengevaluasi, dan meningkatkan kinerjanya,” ujar President Director HMSI, Takashi Muto, melalui keterangan resminya.
Berbasis Android, Hino Connect Driver dirancang agar mudah digunakan oleh pengemudi dari berbagai latar belakang, tanpa memerlukan smartphone berspesifikasi tinggi. Aplikasi ini memungkinkan pengemudi untuk:
- Melihat scorecard mengemudi, termasuk perilaku seperti akselerasi mendadak, pengereman, dan kecepatan,
- Mendapat pengingat servis berkala berdasarkan jarak tempuh,
- Melakukan evaluasi performa harian,
- Mengaitkan diri dengan unit kendaraan menggunakan QR code,
- Menggunakan fitur face recognition untuk keamanan dan akurasi.
Selama ini, akses data telematika hanya tersedia di ruang kontrol operasional. Kehadiran aplikasi ini menjembatani kesenjangan tersebut dengan menciptakan jalur komunikasi dua arah antara pengemudi dan manajemen armada.
Baca Juga: Strategi Suzuki Menatap Masa Depan Melalui GIIAS 2025 |
“Dengan aplikasi ini, pelanggan dapat menurunkan biaya operasional seperti konsumsi bahan bakar dan maintenance. Di saat yang sama, pengemudi merasa lebih dihargai karena punya kontrol terhadap performa mereka,” tambah Muto.
Peluncuran Hino Connect Driver juga menjadi bagian dari misi besar Hino 'Bersama Menuju Masa Depan', yang menjadi tema booth Hino di GIIAS tahun ini. HMSI terus berkomitmen menghadirkan inovasi digital dan layanan after sales terbaik demi mendukung pertumbuhan bisnis pelanggan. Aplikasi ini juga melengkapi ekosistem layanan digital Hino yang sudah ada sebelumnya, seperti Myhino dan sistem Hino Connect.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id