Pameran mobil. Daihatsu
Pameran mobil. Daihatsu

Industri Otomotif

Insentif PPnBM Terkendala PPKM Darurat, Ini Prediksi Daihatsu

Otomotif industri otomotif daihatsu PPKM Darurat
Ekawan Raharja • 19 Juli 2021 10:00
Jakarta: Pemerintah sekarang ini sedang menggenjot penjualan otomotif di dalam negeri melalui insentif PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah) sebesar 100 persen untuk mobil baru. Namun di sisi lainnya, peraturan ini mendapatkan lawan berupa PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat yang berlaku di Juli ini.
 
Kedua peraturan ini terbilang bertentangan karena pemerintah sedang mengadakan 'diskon' melalui pembebasan PPnBM. Di sisi lain masyarakat saat ini sedang dibatasi mobilitasnya dan dealer-dealer mobil pun ditutup.
 
Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, melihat hal ini akan berpengaruh terhadap hasil akhir tahunan penjualan otomotif dalam negeri. Diprediksi penjualan di akhir tahun bisa mencapai 750 ribu unit seperti yang ditargetkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), atau bisa saja lebih tinggi.
 
"Yaitu sebesar 750 ribu unit. Tapi dinamikanya sangat tinggi. Ada kebijakan (diskon PPnBM yang diumumkan pada) Februari. Sehingga kita waktu itu menghitung kembali," kata Hendrayadi dalam konferensi pers virtual.
 
Pemerintah, beber Hendrayadi, sempat menanyai Daihatsu dan Toyota soal target akhir di tahun 2021 setelah diberikan insentif PPnBM. Kedua merek penguasa pasar otomotif nasional tersebut memprediksi penjualan mobil di akhir tahun bisa mencapai 800-850 ribu unit.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif