Jakarta: Honda merupakan sebuah merek kendaraan yang hingga sekarang masih aktif memproduksi sepeda motor dan mobil, termasuk untuk pasar Indonesia. Tetapi apakah Anda mobil pertama apa yang diproduksi oleh jenama asal Jepang tersebut?
Mobil penumpang pertama yang diproduksi oleh Honda adalah model S500. Mobil ini tergolong high performance di zamannya karena berstatus sebagai mobil sport tanpa atap yang memiliki kapasitas penumpang untuk 2 orang.
S500 diluncurkan pertama kali di ajang Japan National Auto Show pada Oktober 1962, dan resmi dipasarkan di awal tahun 1963. Mobil ini mengusung mesin berkapasitas 531 cc berpendingin air yang memiliki 4 silinder DOHC dikombinasikan dengan 4 karburator yang mengirimkan tenaga ke roda belakang melalui penggerak rantai. Mobil ini memiliki daya sebesar 44 daya kuda @ 8000 rpm dengan torsi sebesar 44,7 Nm.
Dari segi transmisi, S500 mengandalkan transmisi manual 4 percepatan. Kombinasi mesin dan transmisi yang digunakan bisa membuat kecepatan maksimal mobil mencapai 129 kilometer per jam.
S500 memiliki berat sekitar 725 kilogram, panjang keseluruhan bodi 3,3 meter dan lebar antar roda 2 meter. Sistem suspensi yang digunakan untuk bagian depan adalah A-arms dan torsion bar dan bagian belakang menggunakan trailing arm dan coil spring.
Pada tahun 1964, rival Toyota ini kemudian meluncurkan mobil produksi massal berikutnya yang dikembangkan dari basis S500, yakni S600 yang dengan kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 606 cc. Pada tahun 1965, versi coupe dari S600 diluncurkan sebagai bentuk penyegaran pasar.
Pada tahun 1966, mobil berjenis atap terbuka dan jenis coupe terus dikembangkan dan kali ini mengadopsi mesin berkapasitas 800 cc untuk memberikan tenaga yang lebih besar lewat produk S800.
Mobil-mobil klasik produksi di era 1960-an ini kini dipajang dan dapat dilihat di Honda Collection Hall yang berlokasi di Motegi, Jepang. Tetapi bagi yang belum pernah berkunjung ke sana juga bisa menyaksikan koleksi di museum tersebut secara virtual melalui situs resminya.
Pada tahun 1964, rival Toyota ini kemudian meluncurkan mobil produksi massal berikutnya yang dikembangkan dari basis S500, yakni S600 yang dengan kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 606 cc. Pada tahun 1965, versi coupe dari S600 diluncurkan sebagai bentuk penyegaran pasar.
Pada tahun 1966, mobil berjenis atap terbuka dan jenis coupe terus dikembangkan dan kali ini mengadopsi mesin berkapasitas 800 cc untuk memberikan tenaga yang lebih besar lewat produk S800.
Mobil-mobil klasik produksi di era 1960-an ini kini dipajang dan dapat dilihat di Honda Collection Hall yang berlokasi di Motegi, Jepang. Tetapi bagi yang belum pernah berkunjung ke sana juga bisa menyaksikan koleksi di museum tersebut secara virtual melalui situs resminya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(ERA)