Ilustrasi PHEV. Toyota
Ilustrasi PHEV. Toyota

Toyota Mau Pakai Platform dari BYD untuk Mobil Hybrid

Ekawan Raharja • 11 Mei 2024 09:38
Jakarta: Toyota masih akan mengembangkan berbagai mobil hybrid ke depannya. Kemungkinan besar, mereka akan menggunakan platform milik BYD sebagai basis mobil yang digunakan.
 
Sejatinya pabrikan asal Jepang tersebut memiliki platform Toyota Hybrid System (THS) untuk mobil-mobil elektrifikasinya saat ini. Tetapi, menurut laman CarNewsChina, mereka akan beralih menggunakan platform PHEV DM-i milik BYD untuk pengembangan mobil baru di China.
 
“Namun yang pasti, jika teknologi DM-i BYD diadopsi, Toyota pasti akan melakukan pemolesan dan penyetelan baru, dan pengalaman berkendara dari model akhir akan tetap berbeda,” ujar seorang sumber dari Toyota.

Jenis-Jenis Platform PHEV DM-i BYD

DM adalah platform PHEV BYD yang merupakan singkatan dari DualMode, dan diluncurkan sejak tahun 2008. Bulan ini, mereka akan meluncurkan generasi kelima yang seharusnya akan memungkinkan model untuk menjalankan CLTC dengan jarak tempuh 2.000 km dan mengkonsumsi 2,9 liter/100 km.
 
Baca Juga:
Nio Siap Gandeng BYD untuk Lawan Tesla


DM memiliki dua versi Utama; DM-i dan DM-p. DM-i adalah singkatan dari DualMode intelligent dan menekankan pada konsumsi dan efisiensi yang rendah, sementara DM-p digunakan untuk kendaraan all-wheel drive (AWD) atau kendaraan off-road.
 
Baru-baru ini, BYD juga meluncurkan platform DMO yang didedikasikan untuk kendaraan off-road hard-core yang saat ini digunakan untuk jajaran kendaraan Fang Cheng Bao. Kemungkinan besar ini adalah platform DM-p yang telah disesuaikan.

Toyota & BYD Sudah Bekerja Sama Sejak 2021

Kerja sama kedua jenama ini sudah terjalin sejak tahun 2021, kedua perusahaan mendirikan perusahaan gabungan, BYD Toyota Electric Vehicle Technology dengan pembagian saham 50/50. Pada tahun 2023, Toyota meluncurkan mobil listrik kedua yakni sedan Toyota bZ3 yang dirancang bersama BYD, di mana BYD memasok paket baterai LFP Blade, e-motor, dan beberapa teknologi dalam mobil lainnya.
 
Selain itu, rival dari Honda ini memiliki dua perusahaan patungan utama di Tiongkok dengan produsen mobil milik negara: FAW-Toyota dengan First Automobile Works dan GAC-Toyota dengan Guangzhou Automobile Group.
 
Baca Juga:
Bahaya Tidur di Mobil dengan AC Menyala

 
“Di bawah tekanan perang harga mobil listrik di Tiongkok, biaya merupakan kondisi penting yang harus dipertimbangkan Toyota. Faktor utama mengapa Toyota lebih memilih untuk menggunakan teknologi DM-i BYD adalah biayanya yang murah dan fakta bahwa teknologinya relatif matang,” kata sumber tersebut.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan