Efisiensi bahan bakar bisa lebih baik berkat penggunaan teknologi Mild-Hybrid (MHEV) sebagai fitur standard. Medcom.id/Ekawan Raharja
Efisiensi bahan bakar bisa lebih baik berkat penggunaan teknologi Mild-Hybrid (MHEV) sebagai fitur standard. Medcom.id/Ekawan Raharja

SUV Termahal Audi Mendarat di Indonesia

Otomotif giias audi GIIAS 2019 Wuling GIIAS 2019
Ekawan Raharja • 19 Juli 2019 11:42
BSD City: Audi Indonesia mulai memasarkan sport utility vehicle (SUV) flagship atau model tertinggi mereka Audi Q8. Mobil ini menawarkan sebuah SUV Coupe dengan gaya sporty dan performa yang kuat dengan mesin V8.
 
“Audi Q8 mengombinasikan keleluasaan dan keergonomisan sebuah SUV dengan garis desain yang elegan dari sebuah SUV coupe. Dijejali berbagai kelengkapan, sistem konektivitas yang canggih dan ketangguhan di medan off-road, mobil ini menjadi rekan yang tepat untuk berlibur maupun berbisnis sekalipun,” tukas COO PT Garuda Mataram Motor, Jonas Chendana, Kamis (18/7/2019) di GIIAS 2019.
 
Bermain di segmen full size SUV, mobil ini menawarkan dimensi 4.999mm x 2.000mm x 1.710mm (PxLxT) dengan jarak sumbu rod mencapai 3.000 mm. Dimensi yang ditawarkan ini diklaim memberikan kabin yang lega, dan menjadi keunggulan dibandingkan BMW X7 atau Mercedes-Benz GLE.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sektor fascia Q8 menawarkan sosok singleframe grille berbentuk oktagonal. Garis atap turun melandai ke bagian belakang khas sebuah coupe menghasilkan citra sporty dan kokoh sebuah SUV.
 
Di dalam kabin Q8 menyuguhkan desain interior panel berwarna hitam dengan desain yang lebih sederhana. Sistem kendali terpusat MMI yang dimiliki Q8 dapat diakses melalui dua layar utama di tengah-tengah dashboard. Pertama adalah layar utama berukuran 10,1 inci untuk kendali infotainment dan navigasi yang dilengkapi dengan tampilan 3D view camera dan layar kedua adalah layar 8,6 inci di bawahnya yang digunakan untuk mengatur penyejuk kabin, fungsi-fungsi kenyamanan dan input tulisan. Di balik lingkar kemudi terdapat Audi virtual cockpit berupa layar sebesar 12,3 inci yang menjadi pusat informasi bagi sang pengemudi.
 
Di balik kap mesin Q8 terbaring mesin V6 bensin 3,000 cc menghasilkan tenaga puncak 340 daya kuda dan torsi 500 Nm. Berpadu transmisi otomatis 8-speed Tiptronic, SUV ini dapat berakselerasi 0–100 kilometer per jam dalam 5,9 detik sebelum mencapai kecepatan puncak 250 kilometer per jam.
 
Efisiensi bahan bakar bisa lebih baik berkat penggunaan teknologi Mild-Hybrid (MHEV) sebagai fitur standard. Teknologi ini mengintegrasikan baterai lithium-ion dan belt alternator starter (BAS) menjadi sistem kelistrikan utama 48-volt.
 
Teknologi ini memungkinkan Q8 untuk menjelajah di antara kecepatan 55–160 kilometer per jam dengan kondisi mesin mati, hingga saatnya BAS akan menyalakan kembali mesinnya dengan cepat dan sangat lembut. Saat berdeselerasi BAS dapat mengumpulkan kembali energi hingga 12kW, hasilnya teknologi ini mampu memangkas konsumsi bahan bakar hingga 0,7 liter setiap 100 km.
 
New Audi Q8 dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp2,455 miliar (on the road) dan tersedia dalam 8 pilihan warna, yaitu Deep Black, Carrara White, Samuray Grey, Florest Silver, Dragon Orange, Argus Brown, Galaxy Blue dan Cobra Beige. Sebagai perbandingan, Mercedes-Benz GLE dibanderil dengan harga Rp1,9-2,025 miliar (on the road) dan BMW X7 dibanderol Rp2,399 miliar (off the road).
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif