Logo Renault. Medcom.id/Ekawan Raharja
Logo Renault. Medcom.id/Ekawan Raharja

Industri Otomotif

Alasan Renault Melepas Sahamnya Ke Geely

Otomotif Saham industri otomotif renault geely
Ekawan Raharja • 11 Mei 2022 15:00
Seoul: Geely diketahui siap untuk membeli sebagian saham Renault Korea Motor dalam dekat ini. Bagi pabrikan asal Perancis tersebut, langkah ini perlu dilakukan demi meningkatkan pendanaan dan pengembangan bisnis.
 
Sebanyak 45,4 juta lembar saham seharga KRY5.818 per saham akan dijual kepada unit keuangan Geely, Centurion Industries Limited. Renault Korea Motor juga masih menjadi bagian dari Renault Group dan tergabung ke dalam aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi.
 
Alasan mereka menjual lebih dari sepertiga bisnis di Korea Selatan ke Geely untuk mengalihkan modal berinvestasi di pasar domestik dan bisnis listriknya yang tertinggal. Terlebih Renault ingin juga memisahkan bisnis mereka antara mobil listrik dengan mobil konvensional.
 
Seperti yang diketahui, pasar Korea Selatan didominasi Hyundai Motor dan Kia Corp. Dominasi keduanya sulit untuk dikalahkan, termasuk oleh General Motors dan SsangYong Motor.
 
Geely juga diketahui ingin membeli saham ini agar bisa melakukan ekspansi bisnis ke Korea Selatan. Sebelumnya, keduanya juga sudah sepakat mengembangkan mobil hybrid dan listrik dengan fokus pasar China dan Korea Selatan untuk tahap awal.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif