Jakarta: Sejumlah merek otomotif di Indonesia kini sedang bersukacita ketika memasuki akhir kuartal pertama di tahun 2021. Honda termasuk yang sedang bergembira karena mereka menutup kuartal ini lonjakan permintaan yang tinggi.
Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, menjelaskan pencapaian penjualan mereka pada akhir Maret 2021 didukung penyegaran beberapa produk dan program relaksasi pajak yang membuat permintaan konsumen meningkat. Penyegaran dan peluncuran produk baru tersebut juga bertepatan dengan diberlakukannya aturan relaksasi Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang diberlakukan pada awal Maret 2021.
“Secara total, produk-produk yang mendapatkan relaksasi PPnBM mencatat peningkatan penjualan sebesar 265 persen dibandingkan bulan Februari, dengan HR-V 1.5 mencatat peningkatan penjualan tertinggi, disusul oleh Brio RS, Mobilio, dan BR-V. Sementara itu, kami juga mencatat peningkatan permintaan untuk produk terbaru kami yang pada awal April lalu mendapatkan relaksasi pajak yaitu Honda CR-V dan City Hatchback RS. Saat ini kami fokus untuk menjaga pasokan untuk dapat memenuhi permintaan konsumen dalam waktu secepatnya,” ungkap Billy melalui keterangan resminya.
Rival Toyota itu mencatat penjualan retail sebesar 10.048 unit pada bulan Maret lalu, meningkat sebesar 67 persen dibandingkan penjualan pada bulan sebelumnya. Kontribusi tertinggi masih datang dari Brio yang menyumbangkan 47 persen dari total penjualan, dimana Brio Satya terjual sebanyak 2.612 unit dan Brio RS sebanyak 2.148 unit.
Sementara itu, HR-V 1.5L mencatat penjualan sebesar 2.918 unit, Mobilio sebesar 1.078 unit, dan BR-V sebesar 286 unit. Sedangkan CR-V telah berhasil membukukan penjualan sebanyak 682 unit, HR-V 1.8L sebanyak 132 unit, Civic Hatchback sebanyak 60 unit, Jazz sebanyak 41 unit, Odyssey sebanyak 6 unit, dan City Hatchback sebanyak 1 unit. Pada segmen sedan, Civic Sedan meraih penjualan sebesar 44 unit, Accord sebanyak 23 unit, City Sedan sebanyak 16 unit, dan Civic Type R sebanyak 1 unit.
Untuk mempertahankan tren penjualan yang positif ini, jenama asal Jepang ini juga menampilkan seluruh jajaran mobilnya yang mendapatkan relaksasi PPnBM di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang saat ini sedang berjalan hingga tanggal 25 April 2021. Pameran ini juga pertama kalinya menampilkan produk terbaru yaitu City Hatchback RS kepada publik setelah diluncurkan pada bulan Maret lalu.
Selain mereka, Mitsubishi juga merasakan bahwasanya relaksasi pajak yang diberikan ini bisa membuat pasar otomotif kembali bergairah setelah diterpa pandemi Covid-19. Pabrikan berlogo tiga berlian ini melihat pertumbuhan Februari ke Maret 2021 mencapai 51,1 persen. Mereka membuka data penjualan retail dimana pada Maret 2021 berhasil menjual 8.848 unit kendaraan, dimana satu bulan sebelumnya hanya berhasil menjual 3.006 unit kendaraan.
Jakarta: Sejumlah merek otomotif di Indonesia kini sedang bersukacita ketika memasuki akhir kuartal pertama di tahun 2021. Honda termasuk yang sedang bergembira karena mereka menutup kuartal ini lonjakan permintaan yang tinggi.
Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, menjelaskan pencapaian penjualan mereka pada akhir Maret 2021 didukung penyegaran beberapa produk dan program relaksasi pajak yang membuat permintaan konsumen meningkat. Penyegaran dan peluncuran produk baru tersebut juga bertepatan dengan diberlakukannya aturan relaksasi Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang diberlakukan pada awal Maret 2021.
“Secara total, produk-produk yang mendapatkan relaksasi PPnBM mencatat peningkatan penjualan sebesar 265 persen dibandingkan bulan Februari, dengan HR-V 1.5 mencatat peningkatan penjualan tertinggi, disusul oleh Brio RS, Mobilio, dan BR-V. Sementara itu, kami juga mencatat peningkatan permintaan untuk produk terbaru kami yang pada awal April lalu mendapatkan relaksasi pajak yaitu Honda CR-V dan City Hatchback RS. Saat ini kami fokus untuk menjaga pasokan untuk dapat memenuhi permintaan konsumen dalam waktu secepatnya,” ungkap Billy melalui keterangan resminya.
Rival Toyota itu mencatat penjualan retail sebesar 10.048 unit pada bulan Maret lalu, meningkat sebesar 67 persen dibandingkan penjualan pada bulan sebelumnya. Kontribusi tertinggi masih datang dari Brio yang menyumbangkan 47 persen dari total penjualan, dimana Brio Satya terjual sebanyak 2.612 unit dan Brio RS sebanyak 2.148 unit.
Sementara itu, HR-V 1.5L mencatat penjualan sebesar 2.918 unit, Mobilio sebesar 1.078 unit, dan BR-V sebesar 286 unit. Sedangkan CR-V telah berhasil membukukan penjualan sebanyak 682 unit, HR-V 1.8L sebanyak 132 unit, Civic Hatchback sebanyak 60 unit, Jazz sebanyak 41 unit, Odyssey sebanyak 6 unit, dan City Hatchback sebanyak 1 unit. Pada segmen sedan, Civic Sedan meraih penjualan sebesar 44 unit, Accord sebanyak 23 unit, City Sedan sebanyak 16 unit, dan Civic Type R sebanyak 1 unit.