Para insinyur di Jepang, mendesain mobil boxy ini dengan menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk meningkatkan kenyamanan dan performa. Penggunaan sasis ini diklaim berdampak ke aspek aerodinamis, sehingga tidak hanya akan menghasilkan kenyamanan berkendara yang lebih baik dengan visibilitas lebih luas berkat desain pilar A yang ramping.
Perubahan sasis ini kemudian diikuti juga dengan mesin baru berkode M20A-FKS dan sudah dilengkapi dengan teknologi Dynamic Force Engine. Alhasil, mesin 1.986 cc 4 silinder ini memiliki tenaga maksimal 170 PS @ 6.600 rpm dengan torsi 202 Nm @ 4.900 rpm, dan tenaga ini naik 11,8 persen sedangkan torsinya naik 4,6 persen dibandingkan generasi sebelumnya.
.jpg)
Tenaga tersebut kemudian disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT yang menawarkan perpindahan tenaga nan halus. Catatan resmi pabrikan untuk efisiensi bahan bakar yang ditawarkan oleh Baby Alphard ini mencapai 15 kilometer per liter.