Tokyo: Toyota Gazoo Racing terus memperluas jajaran mobil performa mereka, termasuk rencana kembalinya Celica dan penerus MR2 dengan mesin tengah. Meski demikian, Toyota tetap mempertahankan GR86 dalam lineup mereka, bahkan tengah menyiapkan generasi terbaru dari coupe sport penggerak roda belakang ini.
Sejak debutnya pada akhir 2011 sebagai Toyota 86 dan berlanjut menjadi GR86 pada 2020, model ini terus menjadi pilihan bagi penggemar mobil sport terjangkau. Dengan pola siklus sekitar satu dekade, laporan dari Jepang mengindikasikan bahwa generasi ketiga GR86 kemungkinan akan meluncur pada 2027.
Berpisah dari Subaru, Menggandeng Mazda?
Jika dua generasi sebelumnya dikembangkan bersama Subaru, yang melahirkan saudara kembarnya BRZ, generasi terbaru GR86 disebut akan dikembangkan sendiri oleh Toyota. Ini merupakan langkah berani mengingat pasar mobil sport semakin mengecil dan jajaran Gazoo Racing yang semakin luas, dikutip dari Carscoops. Namun, ada kejutan lain: Toyota dikabarkan menggandeng seorang insinyur Mazda untuk memimpin proyek ini.
Rumor ini pertama kali dilaporkan oleh majalah otomotif Jepang, Mag X. Laporan tersebut mengklaim bahwa GR86 generasi terbaru akan menggunakan platform ringan baru dengan tetap mempertahankan konfigurasi mesin depan dan penggerak roda belakang. Sebelumnya, Toyota sempat mempertimbangkan opsi mesin tengah, tetapi akhirnya memutuskan untuk tetap menggunakan pendekatan tradisional.
Sementara itu, laporan dari Best Car menyebut bahwa Toyota kemungkinan akan mendasarkan GR86 terbaru pada platform modifikasi dari Lexus IS. Hal ini sejalan dengan rumor bahwa model baru ini akan tetap mempertahankan penggerak roda belakang, yang menjadi ciri khas dari 86 dan GR86 selama ini.
Masa Depan GR86 di Tengah Perubahan Besar
Keputusan Toyota untuk melanjutkan GR86 tanpa keterlibatan Subaru menjadi langkah menarik di tengah persaingan pasar mobil sport. Jika benar pengembangan kali ini melibatkan insinyur dari Mazda, kemungkinan besar GR86 akan membawa sentuhan berbeda dari generasi sebelumnya. Dengan perkiraan peluncuran pada 2027, pecinta mobil sport kini semakin menantikan bagaimana evolusi terbaru dari coupe ringan yang telah menjadi ikon di dunia otomotif ini.
Tokyo: Toyota Gazoo Racing terus memperluas jajaran mobil performa mereka, termasuk rencana kembalinya Celica dan penerus MR2 dengan mesin tengah. Meski demikian, Toyota tetap mempertahankan GR86 dalam lineup mereka, bahkan tengah menyiapkan generasi terbaru dari coupe sport penggerak roda belakang ini.
Sejak debutnya pada akhir 2011 sebagai Toyota 86 dan berlanjut menjadi GR86 pada 2020, model ini terus menjadi pilihan bagi penggemar mobil sport terjangkau. Dengan pola siklus sekitar satu dekade, laporan dari Jepang mengindikasikan bahwa generasi ketiga GR86 kemungkinan akan meluncur pada 2027.
Berpisah dari Subaru, Menggandeng Mazda?
Jika dua generasi sebelumnya dikembangkan bersama Subaru, yang melahirkan saudara kembarnya BRZ, generasi terbaru GR86 disebut akan dikembangkan sendiri oleh Toyota. Ini merupakan langkah berani mengingat pasar mobil sport semakin mengecil dan jajaran Gazoo Racing yang semakin luas, dikutip dari Carscoops. Namun, ada kejutan lain: Toyota dikabarkan menggandeng seorang insinyur Mazda untuk memimpin proyek ini.
Rumor ini pertama kali dilaporkan oleh majalah otomotif Jepang, Mag X. Laporan tersebut mengklaim bahwa GR86 generasi terbaru akan menggunakan platform ringan baru dengan tetap mempertahankan konfigurasi mesin depan dan penggerak roda belakang. Sebelumnya, Toyota sempat mempertimbangkan opsi mesin tengah, tetapi akhirnya memutuskan untuk tetap menggunakan pendekatan tradisional.
Sementara itu, laporan dari Best Car menyebut bahwa Toyota kemungkinan akan mendasarkan GR86 terbaru pada platform modifikasi dari Lexus IS. Hal ini sejalan dengan rumor bahwa model baru ini akan tetap mempertahankan penggerak roda belakang, yang menjadi ciri khas dari 86 dan GR86 selama ini.
Masa Depan GR86 di Tengah Perubahan Besar
Keputusan Toyota untuk melanjutkan GR86 tanpa keterlibatan Subaru menjadi langkah menarik di tengah persaingan pasar mobil sport. Jika benar pengembangan kali ini melibatkan insinyur dari Mazda, kemungkinan besar GR86 akan membawa sentuhan berbeda dari generasi sebelumnya. Dengan perkiraan peluncuran pada 2027, pecinta mobil sport kini semakin menantikan bagaimana evolusi terbaru dari coupe ringan yang telah menjadi ikon di dunia otomotif ini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)