Perodua Aruz. Aruz
Perodua Aruz. Aruz

Mobil Baru

Waduh, Harga Daihatsu Terios Tembus Rp1 Miliar

Otomotif mobil baru daihatsu
Ekawan Raharja • 14 April 2021 15:00
Singapura: Konsumen di Indonesia bisa membeli sebuah Daihatsu Terios dengan harga paling tinggi Rp251,8 juta (on the road DKI Jakarta), dan harga ini pun semakin terjangkau dengan adanya insentif Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM). Tetapi jangan salah, ternyata mobil kembaran dari Toyota Rush ini juga memiliki banderol hingga Rp1 miliar lebih.
 
Konsumen di Singapura harus menebus Terios yang berbanderol SGD92.999 atau setara dengan Rp1,017 miliar, dan ini sudah termasuk GST dan certificate of entitlement (COE). Cuma bedanya untuk pasar Singapura tidak memakai nama Daihatsu Terios, melainkan Perodua Aruz.
 
Salah satu yang membuat mahal mobil ini adalah pemilik mobil harus memiliki COE yang merupakan izin untuk memiliki mobil. Harga sertifikat ini tidaklah murah, warga di sana harus menebus SGD40.609 atau sekitar Rp433 juta untuk mobil dengan mesin 1.600 cc ke bawah. Sertifikat ini diberlakukan sebagai salah satu cara untuk menekan kepemilikan kendaraan, mengingat luas di Singapura sangat terbatas sehingga kepemilikan kendaraan juga harus dibatasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Model ini didatangkan ke negeri Kota Singa secara utuh dari Malaysia, dimana merek Daihatsu untuk pasar Malaysia diberi nama Perodua. President and CEO Perodua, Datuk Zainal Abidin Ahmad, Aruz menjadi model tujuh penumpang pertama yang mereka pasarkan di Singapura.
 
"Kami hampir menjual sebanyak 58 ribu di Malaysia sejak debutnya di tahun 2019. Kami Kami dengan senang hati dapat berbagi kelebihan Aruz, di antaranya kabin yang luas, sistem keselamatan tinggi, praktis, irit, dengan negara tetangga di selatan kita," kata Zainal dikutip dari Paultan.
 

Aruz dibekali dengan mesin 2NR-VE 1.500 4-silinder naturally aspirated dengan tenaga 102 PS @ 6.000 dan torsi 133 Nm @ 4.200 rpm. Catatan resmi yang mereka miliki untuk konsumsi bahan bakar mesin ini mencapai 15,6 kilometer per liter.
 
Mobil ini dilengkapi berbagai fitur keselamatan seperti Vehicle Stability Control (VSC), 6 airbags, dan jok ISOFIX untuk anak-anak. Secara tampilan luar, Perodua Aruz versi Singapura menggunakan lampu depan LED, pelek dual tone 17 inci, sistem keyless, headunit layar sentuh, dan kamera mundur.
 
Perodua masuk ke Singapura melalui Perocom Auto Pte Ltd. sebagai distributor tunggal sejak 1997. Selain ke Singapura, Perodua juga melakukan ekspor Brunei Darussalam, Sri Lanka, Mauritius, the Seychelles, Fiji, dan ke Indonesia yang produknya kita kenal sebagai Sirion.
 
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif